Libur Panjang Wisatawan Membludak, UMKM di Taman Mini Cuan Rp2,5 Juta per Hari

Jum'at, 02 Juni 2023 - 20:02 WIB
loading...
Libur Panjang Wisatawan Membludak, UMKM di Taman Mini Cuan Rp2,5 Juta per Hari
Sejumlah UMKM ikut serta dalam bazar yang digelar di Plaza Selatan TMII, Jumat (2/6/2023). Foto/MPI/Dovana Hasiana
A A A
JAKARTA - Pergerakan masyarakat selama libur panjang akhir pekan atau long weekend pada 1-4 Juni berdampak positif dalam mendongkrak perekonomian. Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun ikut mendulang cuan.

Sebagaimana biasanya setiap kali libur panjang, tempat-tempat wisata dan pusat belanja selalu dipadati pengunjung. Hal ini menjadi berkah bagi pelaku UMKM yang tengah berpartisipasi dalam kegiatan semacam bazar di lokasi wisata dan mal.

Salah satunya di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , di mana sejumlah UMKM ikut serta dalam bazar yang digelar di Plaza Selatan TMII. Pada kegiatan bazar tersebut, para pelaku UMKM mengaku bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp2,5 juta per hari.

Kepala Seksi Humas TMII, Novera Mayang Sari mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Dalam Negeri tengah mengadakan pameran Indonesia Maju Expo pada 1 - 4 Juni 2023 di Plaza Selatan TMII. Pada pameran tersebut, terdapat bazar UMKM dari masing-masing provinsi.

“Ada bazar kuliner, songket, batik, dan sebagainya. Kemarin banyak dihadiri pejabat dan bahkan duta besar dari negara sahabat Indonesia,” ungkapnya saat ditemui MNC Portal di TMII, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Adapun pameran tersebut terbagi ke dalam dua tempat. Pengunjung bisa menikmati bazar yang menjual berbagai barang khas daerah di dalam ruangan dan bazar kuliner di luar ruangan.

Terdapat berbagai jenis barang khas daerah yang dijual, mulai dari peralatan logam, batik, bahkan hingga lilin aromatherapy dengan wangi khas daerah.



Arini, penjual lilin aromatherapy dari Boyolali, Jawa Tengah, pada bazar tersebut menawarkan lilin dan produk wewangian lainnya dengan wangi Sereh khas Boyolali.

“Aroma khas Boyolali itu sereh, kenanga. Di Boyolali banyak petani yang menanam sereh. Nanti serehnya itu dibuat minyak dan minyaknya dijadikan lilin,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)