Kemenhub Ungkap Misteri Pesawat Asing Parkir Setahun di Kertajati

Minggu, 04 Juni 2023 - 19:00 WIB
loading...
Kemenhub Ungkap Misteri Pesawat Asing Parkir Setahun di Kertajati
Kemenhub mengungkap misteri pesawat asing yang telah dua tahun parkir di Bandara Kertajati. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) buka suara perihal dua armada pesawat sipil asal Prancis yang terparkir di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dalam kurun waktu hampir satu tahun lamanya.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengaku dua pesawat tipe A340-200, dengan nomor registrasi F-HFDD dan F-HLMG berada di Bandara Kertajati sejak 10 April 2022 hingha 23 Mei 2023.

"Keberadaan kedua pesawat tersebut adalah dalam rangka pemeliharaan (maintenanca) oleh GMF Aero Wisata (GMF). Perijinan diajukan oleh PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)," ungkap Adita melalui siaran pers, Minggu (4/6/2023).



Menurutnya, pemeliharaan pesawat sepenuhnya merupakan ranah perusahaan. Dalam hal ini GMF dengan skema business to business (BTB) bersama pihak operator pesawat atau perwakilannya.

Dia mengatakan pada 22 Mei 2023, JAS sudah mengajukan perizinan terbang (flight clearance) untuk kedua pesawat tersebut, setelah dilakukan perawatan oleh GMF.



Karena itu, kedua pesawat sipil asing tersebut telah keluar dari wilayah Indonesia sejak 23 Mei 2023 dengan tujuan Amman, Jordania (registrasi TZ-DTA dan TZ-DTC), setelah memperoleh persetujuan Flight Clearance (FC) sesuai ketentuan yang berlaku.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)