Investasi di IKN Minim, Pengusaha Masih Ragu Soal Pergantian Pemimpin 2024

Senin, 05 Juni 2023 - 12:26 WIB
loading...
Investasi di IKN Minim, Pengusaha Masih Ragu Soal Pergantian Pemimpin 2024
Tahun politik disebut menjadi pertimbangan besar para pelaku usaha sebelum melakukan investasi di proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), begini pengakuan pengusaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tahun politik disebut menjadi pertimbangan besar para pelaku usaha sebelum melakukan investasi di proyek Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Para pelaku usaha, dikatakan saat ini masih memiliki keraguan kepada pemimpin berikutnya terkait kelanjutan proyek pembangunan ibu kota baru tersebut.

"Mungkin saat ini memasuki tahun politik menjadi pertimbangan (pelaku usaha) sebelum masuk ke IKN, bagaimana nanti pemimpin yang akan terpilih ini akan melanjutkan atau tidak," kata Wakil Ketua Komtap Promosi Sektoral, Bidang Investasi Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia, Hardini Puspasari dalam Market Review IDXChannel, Senin (5/6/2023).



Hal itu yang membuat para pelaku usaha hingga saat ini masih minim realisasi investasi di IKN. Padahal porsi pembangunan IKN mayoritas akan menggunakan uang para investor sebesar 80% dari total kebutuhan pembangunan. Sedang APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) ditugaskan untuk mengurusi infrastruktur yang porsinya 20% dari total biaya proyek tersebut.

"Harus kita lihat dengan perkembangan kinerja pak Jokowi, menunjukkan prestasi yang sangat baik, ini adalah pelajaran bahwa pemimpin yang ke depan harus tetap melanjutkan yang sudah di programkan," sambungnya.



Sebagai pelaku usaha, Hardini menilai tawaran insentif yang diberikan pemerintah lewat PP No. 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara sudah cukup menarik. Namun sentimen politik tetap menjadi pertimbangan besar juga bagi para pelaku usaha.

"Kami dari Kadin sendiri menyambut baik adanya proyek ini, lewat pembangunan ini kita akan menjadi ekonomi 5 terbesar di dunia, karena perputaran ekonomi akan terjadi sangat luar biasa di Indonesia," kata Hardini.

"IKN ini adalah project besar yang akan membawa impact juga terhadap dunia, seharusnya ini dari kita untuk kita bagi para pelaku usaha, teman-teman di UKM yang sudah kelas menengah juga sudah bisa naik tingkat menjadi investor, investor dari luar negeri meminjam uang juga kok," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)