Kereta Cepat Diklaim Bisa Libas Jakarta-Bandung Hanya 30 Menit

Jum'at, 09 Juni 2023 - 13:21 WIB
loading...
Kereta Cepat Diklaim Bisa Libas Jakarta-Bandung Hanya 30 Menit
Perjalanan Jakarta ke Bandung dengan menggunakan Kereta Cepat diklaim hanya memakan waktu 30 menit. Selain itu lokasi stasiun KCJB dekat pusat kota Jakarta dan Bandung juga memudahkan penumpang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perjalanan Jakarta ke Bandung dengan menggunakan Kereta Cepat diklaim hanya memakan waktu 30 menit. Selain itu Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diproyeksikan bakal beroperasi pada Agustus 2023, mendatang.

“Biasanya perjalanan Jakarta Bandung dengan mobil sekitar 2,5 jam kalau lancar, namun bisa mencapai hingga 5 jam di akhir pekan. Dengan KCJB, penumpang bisa mengakses Jakarta-Bandung hanya dengan 30 menit. Selain itu, Stasiun Halim juga dekat dengan tengah kota, hanya dibutuhkan waktu 20 menit untuk pergi ke Sudirman,” ujar GM Property & Non-Farebox Business Development KCIC , Devin Pranata dalam program Market Review IDX Channel, Jumat (9/6/2023).



Selain itu lokasi stasiun KCJB, yakni Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar, yang berada di dekat pusat kota Jakarta dan Bandung juga memudahkan penumpang untuk langsung bepergian dalam waktu yang singkat.

Nantinya, KCJB akan melayani sekitar 68 perjalanan per harinya untuk mendukung perjalanan penumpang Jakarta-Bandung. Jumlah perjalanan ini akan terus dikaji dan menyesuaikan dengan minat masyarakat yang menggunakan KCJB ini.



Kendati demikian, Delvin mengatakan, KCJB tidak akan beroperasional selama 24 jam. Hal ini dilakukan karena pihaknya harus terus memastikan keamanan penumpang melalui pengecekan infrastruktur secara berkala. Pengecekan ini dilakukan melalui Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi KCJB.

“Ini sudah dikenal masyarakat, yakni kereta berwarna kuning yang setiap pagi sebelum operasional dan setiap malam setelah operasional KCJB akan mengetes jalur. Kalau dulu kan manual dimana ada pekerja yang melihat kondisi rel, sekarang otomatis melalui kereta ini,” terangnya.

Sebagai informasi, Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, KCJB ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan Agustus 2023. Di mana, pemerintah akan melakukan soft launching KCJB.

Nantinya masyarakat dapat mencoba layanan KCJB dengan tujuan untuk memperkenalkan moda transportasi yang memiliki kecepatan hingga 350 km/jam itu.

"Masyarakat nantinya bisa mencoba menggunakan layanan KCJB dari Halim ke Padalarang, termasuk di dalamnya mencoba integrasi KCJB dengan LRT Jabodebek yang menghubungkan stasiun KCJB Halim ke semua stasiun pelayanan LRT Jabodebek serta KA Feeder yang mengintegrasikan stasiun KCJB Padalarang dengan Stasiun KAI Bandung dan Cimahi," ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (8/6/2023).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)