Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia, Benarkah China?

Jum'at, 09 Juni 2023 - 18:30 WIB
loading...
Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia, Benarkah China?
Negara-negara yang paling banyak investasi di Indonesia. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara telah mampu menarik investor asing yang ingin menanamkan modal .

Mengutip laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi kuartal I 2023 mencapai Rp328,9 triliun. Nilai tersebut meningkat 16,5% dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy) atau naik 4,5% secara kuartalan.



Rinciannya, Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat Rp177 triliun, naik 20,2%. Sementara, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tercatat Rp151,9 triliun atau naik 12,4%.

Berdasarkan data tersebut jumlah investasi dari luar negeri lebih besar dibandingkan investor lokal. Investasi tersebar di Jawa maupun luar Jawa. Rinciannya, investasi di luar Jawa sebesar Rp172,9 triliun dengan proporsi 52,6% dan Jawa sebesar Rp156 triliun dengan proporsi 47,4%. Berikut negara-negara yang paling banyak investasi di Indonesia.

1. China

Sebagai mitra dagang terbesar Indonesia, China salah satu negara terbesar yang melakukan investasi di Indonesia.
Berdasarkan laporan BKPM, Investasi China di Indonesia pada di kuartal I 2023 mencapai USD1,2 miliar. Investasi China di Indonesia meliputi sektor infrastruktur, industri manufaktur, energi, dan pariwisata.

Beberapa proyek besar yang melibatkan investor China di Indonesia, antara lain pembangunan jalan tol, pembangkit listrik, dan pengembangan pariwisata.

2. Jepang

Jepang telah menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia selama bertahun-tahun. Perusahaan-perusahaan Jepang banyak yang berinvestasi di sektor manufaktur, otomotif, dan elektronik. Menurut data BKPM, nilai investasi langsung dari Jepang mencapai USD1 miliar di kuartal I 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)