China Terus Menumpuk Cadangan Emas Miliknya, Kini Tembus 2.092 Ton

Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:54 WIB
loading...
China Terus Menumpuk Cadangan Emas Miliknya, Kini Tembus 2.092 Ton
China memperpanjang aksi beli emasnya selama 7 bulan beruntun hingga bulan Mei, menandakan lebih banyak de-dolarisasi bank sentral. Foto/Dok The Street
A A A
BEIJING - China memperpanjang aksi beli emasnya selama 7 bulan beruntun hingga bulan Mei, menandakan lebih banyak de-dolarisasi bank sentral. Dedolarisasi adalah proses penggantian dolar AS sebagai mata uang yang digunakan untuk perdagangan minyak dan/atau komoditas lainnya.



Permintaan bank sentral yang meningkat untuk emas belum mereda karena China mengumpulkan lebih banyak logam kuning pada bulan Mei. Dilaporkan oleh Bloomberg, aksi tersebut memperpanjang hingga bulan ketujuh.



Bank sentral China membeli 16 ton komoditas cadangan bulan lalu, melanjutkan tren yang dimulai pada November. Selama enam bulan sebelumnya, China memperoleh 144 ton emas dan kini cadangan emas China telah mencapai 2.092 ton.

China bukan satu-satunya negara yang meningkatkan permintaan untuk logam mulia. World Gold Council sebelumnya melaporkan peningkatan besar dalam pembelian hingga tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun ini saja, bank sentral membeli 228,4 ton emas, mencatat rekor kuartalan baru.

Upaya asing untuk meningkatkan stok logam mengikuti langkah yang semakin menjauh dari dolar AS sebagai mata uang cadangan. Pergerakan itu meningkat setelah greenback menjadi senjata melawan Rusia setelah invasi Ukraina, gelombang sanksi Barat mendorong negara-negara lain untuk memikirkan kembali ketergantungan mereka pada mata uang AS.

Menurut survei WGC dari bulan Mei, setengah dari bank sentral memperkirakan cadangan dolar akan terus menurun, terhitung 40-50% dalam lima tahun ke depan. Sementara itu, emas diperkirakan akan naik selama periode waktu yang sama.

Survei yang sama mengungkap bahwa seperempat bank sentral berniat untuk menambah kepemilikan emas mereka dalam satu tahun depan.

Sementara itu China mengakhiri bulan Mei dengan cadangan mata uang asing di angka USD3,18 triliun, dibandingkan dengan April USD3,20 triliun, berdasarkan data dari People's Bank of China. Pada kuartal pertama, China adalah pembeli emas terbesar kedua, setelah Singapura.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)