Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik di Daerah, KemenPAN-RB Gelar Kompetisi Wirausaha Sosial

Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:07 WIB
loading...
Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik di Daerah, KemenPAN-RB Gelar Kompetisi Wirausaha Sosial
Suasana di sebuah Mal Pelayanan Publik di daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pelayanan publik yang prima hingga ke pelosok daerah menjadi dambaan seluruh masyarakat. Untuk itu, diperlukan solusi dan inovasi dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk wirausaha sosial .

Guna menjaring ide atau inovasi dari para wirausaha sosial, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) didukung oleh USAID ERAT (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat) menggelar kompetisi ‘Wirausaha Sosial untuk Negeri’ atau WiNNER.

Ajang tersebut merupakan kompetisi bisnis untuk para wirausaha sosial yang bertujuan mengatasi tantangan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik di enam provinsi di Indonesia.

Keenam provinsi tersebut adalah Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Pendaftaran WiNNER untuk provinsi Banten dan NTT telah dilaksanakan pada gelombang I beberapa bulan lalu. Saat ini, WiNNER Gelombang II akan fokus pada empat provinsi lainnya. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri melalui https://angin.id/winner paling lambat besok Minggu (11/6).

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa saat membuka FGD Validasi Isu Strategis Pembangunan dan Layanan Kompetisi WiNNER provinsi Sumatra Utara pada Kamis (11/5) mengatakan, kompetisi WiNNER berupaya untuk menjalin simbiosis mutualiasme antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan wirausaha sosial.

Dalam hal ini, Pemda sebagai pihak yang memiliki sumber daya namun butuh percepatan penyelesaian masalah terhadap isu prioritas.

“Dan wirausaha sosial yang menawarkan solusi dengan inisiatif baru atau inovasi yang dapat membantu memecahkan persoalan," ujarnya, dikutip Sabtu (10/6/2023).

Menurut dia, kolaborasi serta keterlibatan wirausaha sosial dalam pembangunan dan berbagai sektor pelayanan publik dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik yang prima.

“Keterlibatan wirausaha sosial juga membuka peluang potensi pemanfaatan teknologi dan penciptaan inovasi, untuk menghasilkan penyediaan pelayanan publik yang lebih terjangkau dan berkualitas,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)