5 Menteri Indonesia dengan Kekayaan di Atas Rp1 Triliun, Nomor Terakhir 15 Kali Lipat Lebih Kaya dari Luhut

Minggu, 11 Juni 2023 - 19:40 WIB
loading...
5 Menteri Indonesia dengan Kekayaan di Atas Rp1 Triliun, Nomor Terakhir 15 Kali Lipat Lebih Kaya dari Luhut
Menteri Indonesia yang memiliki harta di atas Rp1 triliun bukan fenomena yang mengherankan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Indonesia dengan total kekayaan di atas Rp1 triliun bukanlah fakta yang mengherankan. Pasalnya, sebelum diangkat menjadi menteri, mereka umumnya adalah pengusaha sukses, atau paling tidak memiliki kerabat yang merupakan pengusaha.



Berdasarkan pelaporan harta kekayaan yang dilakukan oleh para menteri, terungkap ada beberapa menteri tajir di Indonesia yang mengalami kenaikan harta. Salah satu yang paling fenomenal adalah Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berikut lima menteri Indonesia yang memiliki harta di atas Rp1 triliun:

1. Prabowo Subianto

Berdasarkan LHKPN yang diserahkan pada 2023, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tercatat memiliki kekayaan Rp2.034.395.519.335. Jumlah itu naik sekitar Rp1,9 miliar dibanding laporan tahun sebelumnya.

Harta kekayaan Prabowo terdiri dari berbagai aset, termasuk alat transportasi dan mesin berupa tujuh mobil dan satu motor. Prabowo Subianto merupakan Kakak dari Hasim Djojohadikusomo, seorang pengusaha pemilik Arsari Group.

Prabowo Subianto sendiri merupakan seorang pengusaha yang setidaknya memiliki delapan perusahaan. Kedelapan perusahaan itu adalah Nusantara Energy, PT Tusam Hutani Lestari , PT Tanjung Redeb Hutani, PT Tanjung Redeb Hutani, PT Kertas Nusantara, PT Kiani Hutani Lestari, Nusantara Kaltim Coal, PT Jaladri Swadesi Nusantara, PT Belantara Pusaka.

2. Erick Thohir

Berdasarkan LHKPN yang dierahkan pada Maret 2022 Menteri BUMN Erick Thohir tercatat memiliki kekayaan Rp2,3 triliun. Kekayaan Ketua Umum PSSI itu sebagian besar berupa surat berharga senilai Rp1,72 triliun.

Erick juga memiliki 34 tanah dan bangunan yang tersebar di Depok, Bekasi, Badung, Pasuruan, Jakarta, Bogor, Tangerang, hingga Manggarai Barat. Nilai harta tidak bergeraknya itu mencapai Rp364,2 miliar.

Harta bergerak lainnya senilai Rp 27,99 miliar, kas dan setara kas lainnya senilai Rp 209,37 miliar, dan harta lainnya yang tak dijabarkan Rp159,2 miliar. Di sisi lain, Erick tercatat memiliki utang sebesar Rp 165,95 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2407 seconds (0.1#10.140)