Upaya Mengapresiasi Program CSR dan SDGs Perusahaan

Kamis, 15 Juni 2023 - 23:25 WIB
loading...
Upaya Mengapresiasi Program CSR dan SDGs Perusahaan
Ajang ICA dan ISDA 2023 kembali digelar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kembali menggelar Indonesia CSR Award (ICA) dan Indonesia SDGs Award (ISDA). Rencananya penganugerahan akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2023 mendatang.



Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno mengatakan, program CSR dan program SDGs perusahaan merupakan aktivitas perusahaan yang sangat strategis dalam memastikan keberlanjutan perusahaan.

"Ajang apresiasi terhadap program tersebut sangatlah penting untuk dilakukan," kata Thendri dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023).

Thendri menyampaikan ICA dan ISDA 2023 tidak hanya melibatkan perusahaan tetapi juga melibatkan partisipasi lembaga atau institusi nirlaba yang memiliki aktivitas tanggung jawab sosial dan program SDGs.

Ketua Komite Penilai ICA dan ISDA 2023, Hardinsyah, mengatakan ada lima tujuan utama dari digelarnya penghargaan ICA dan ISDA 2023. Pertama, mensosialisasikan dan menginternalisasikan CSR berbasis SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial dan SDGs di Indonesia.

Kedua, memberikan penghargaan atau apresiasi bagi oganisasi (perusahaan/institusi) yang telah melaksanakan praktik CSR terbaik (Best Practice) dan praktik program SDGs Perusahaan. Kemudian yang ketiga untuk memberikan rekomendasi atau umpan balik kepada peserta untuk menyempurnakan pengintegrasian pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR dan Program SDGs perusahaan yang berkelanjutan.

Keempat, membangun dan meningkatkan citra perusahaan. Kelima, Memberikan inspirasi dan motivasi kepada organisasi (perusahaan/institusi) dalam menjalankan praktik terbaik CSR berbasis SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial dan Program SDGs yang dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian TPB/SDGs di Indonesia.

“Terdapat dua tipe peserta ICA & ISDA 2023, yaitu tipe Organisasi (corporat/institusi) dan tipe Perseorangan. Persyaratan bagi masing-masing peserta adalah organisasi (corporat/institusi) dan Perseorangan (individu),” kata Hardinsyah.

Sementara itu, Ketua Steering Comitte E. Kurniawan Padma mengatakan kategori bidang penghargaan CSR dikelompokkan menjadi tujuh bidang program yaitu, Bidang Ketenagakerjaan, Bidang Tatakelola Perusahaan, Bidang Operasi Perusahaan, Bidang Hak Asasi Manusia, Bidang Lingkungan, Bidang Konsumen dan Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)