Bali International Hospital Siap Beroperasi Tahun Depan, Intip Konsepnya

Sabtu, 17 Juni 2023 - 18:00 WIB
loading...
Bali International Hospital Siap Beroperasi Tahun Depan, Intip Konsepnya
Bali International Hospital dirancang sebagai layanan wisata medis di Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Bina Medika atau Indonesia Healthcare Corporation (IHC) menargetkan Bali International Hospital (BIH) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sanur, Bali, beroperasi pada kuartal II 2024 mendatang. Bali International Hospital dirancang sebagai layanan wisata medis di Indonesia.

"Rencananya akan beroperasi pada kuartal II 2024. Ada 4 lantai dan 260 bangsal, serta berkonsep ramah lingkungan atau green hospital dengan 183 pohon di sekelilingnya," ungkap Direktur Utama IHC, Mira, Sabtu (17/6/2023).



Dia menjelaskan saat beroperasi, IHC menggandeng Mayo Clinic sebuah rumah sakit terbaik di Amerika Serikat dan terpercaya di industri kesehatan dunia, tujuannya adalah untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia berstandar internasional.

Bali International Hospital berada di wilayah KEK Kesehatan yang diyakini bisa memberikan kemudahan bagi tenaga kesehatan diaspora agar dapat bekerja di kawasan tersebut. Proyek Strategi Nasional (PSN) ini dibangun di atas lahan 5 hektar (ha).

Keberadaannya dapat memudahkan pemasukan obat dan alat kesehatan atas izin BPOM di wilayah KEK Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pasien dengan penyakit kanker. Bali International Hospital berkonsep green hospital melibatkan penggunaan desain, material, teknologi, dan praktik yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dengan menerapkan konsep ini, secara operasional BIH dapat mengurangi limbah, meningkatkan efisiensi energi dan menciptakan praktek ramah lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini pun bukan hanya investasi jangka pendek dalam penghematan biaya, tetapi juga investasi jangka panjang dalam kesehatan masyarakat dan kepedulian terhadap lingkungan.



Sebelumnya, groundbreaking atau peletakan batu pertama Bali International Hospital dihadiri dan dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri terkait lainnya pada Desember 2021. Erick sebelumnya mengatakan melalui Holding RS BUMN diharapkan tidak hanya memberi kemudahan layanan kesehatan pada masyarakat, tapi juga memperkuat ketahanan kesehatan nasional.

Menurut dia peran Holding RS BUMN l tak hanya melayani masyarakat, namun juga meningkatkan peran kesehatan nasional yang dapat diwujudkan lewat empat langkah strategis yakni penyediaan layanan kesehatan berkualitas, peningkatan jaringan dan skala, pengembangan kapabilitas dan inovasi, serta integrasi dan kolaborasi ekosistem kesehatan nasional.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)