Testimoni Alumni Peserta Kartu Prakerja ke Airlangga: Sukses Perbaiki Kesejahteraan

Sabtu, 17 Juni 2023 - 09:30 WIB
loading...
Testimoni Alumni Peserta Kartu Prakerja ke Airlangga: Sukses Perbaiki Kesejahteraan
Menko Airlangga Hartarto saat bertemu dengan alumi peserta Kartu Prakerja Jawa Barat dalam acara Ngumul Jeh Karo Menko Perekonomian di Cirebon, Jumat (16/6/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, beragam manfaat dari kehadiran program Kartu Prakerja . Karena masyarakat yang sudah mendapatkan pekerjaan maupun berwirausaha cukup banyak setelah mengikuti pelatihan dari program Kartu Prakerja .

"Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena banyak yang mendapatkan pekerjaan, atau menjadi wirausaha setelah mendapatkan pelatihan prakerja. Bahkan banyak yang menggunakan bantuan sosial sebagai modal," ujar Menko Airlangga Hartarto saat bertemu dengan alumi peserta Kartu Prakerja Jawa Barat dalam acara Ngumul Jeh Karo Menko Perekonomian di Cirebon, Jumat (16/6/2023).



Kata Airlangga, pemerintah saat ini terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pencari kerja, dan dengan adanya program tersebut selain untuk bekal mendapatkan pekerjaan, juga bisa digunakan membuka lapangan pekerjaan.

“Masifnya program kartu prakerja semata-mata untuk memenuhi target Presiden Joko Widodo, yang menginginkan program itu menyasar jutaan orang setiap tahunnya,” ungkapnya.



Karena dianggap berhasil membantu masyarakat khususnya saat pandemi Covid-19, program Kartu Prakerja mendapat banyak apresiasi dari penerima manfaat. Seperti halnya testimoni dari beberapa penerima manfaatnya, salah satunya, Hadapi dari Kabupaten Cirebon.

Ia menceritakan saat sedang mengganggur mendaftar Kartu Prakerja, Hadapi mendaftar Kartu Prakerja untuk memperoleh ilmu dan juga insentif. Dari insentif yang ia dapatkan, Hadapi menyewa tambak udang dan membeli benur (bibit udang) jenis Windu dan Panami. Setiap bulan tambaknya panen.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah meluncurkan program Prakerja dan khususnya untuk Bapak Menko Airlangga Hartarto. Alhamdulillah, dulu pernah jatuh bangun buka usaha, punya hutang ratusan juta, dan berkat Prakerja saya ambil program pelatihan akutansi, dan disitu saya bisa memenajemen dan sekarang sudah punya tiga usaha. Alhamdulillah omset lebih dari cukup, hutang lunas, tabungan punya lebih dari cukup,” tuturnya.

Penerima manfaat Kartu Prakerja lain seperti Syarif dari Indramayu juga merasa sangat terbantu oleh program ini. Karena saat itu pada tahun 2022 Ia terkena dampak pandemi, sehingga terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) dari tempatnya bekerja. Namun Ia tak patah semangat dengan mengikuti pelatihan Kartu Prakerja setelah dinyatakan lulus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)