Optimalkan Penyaluran Kredit UMKM, BRI Cikarang Bekali Mantri dengan Aplikasi BRISpot

Senin, 19 Juni 2023 - 22:24 WIB
loading...
Optimalkan Penyaluran Kredit UMKM, BRI Cikarang Bekali Mantri dengan Aplikasi BRISpot
Aplikasi BRISpot membantu tugas tenaga pemasar atau mantri BRI untuk mempercepat proses kredit kepada UMKM. Foto/BRI
A A A
CIKARANG - BRI Kantor Cabang Cikarang terus mengoptimalkan penyaluran kredit ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui tenaga pemasar atau mantri yang dibekali aplikasi BRISpot. BRI Kantor Cabang Cikarang mempunyai sekitar 63 matri yang bekerja sama dengan 12 BRI Unit untuk menyalurkan kredit kepada UMKM .

Manajer Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Cikarang, Giri Laksomono mengatakan, total jumlah nasabah sekitar 34.000 dan sekitar 14.000 debitur merupakan pelaku UMKM. Ada berbagai macam bidang usaha yang dikelola UMKM di Cikarang, mulai dari pengolahan makanan hingga jasa.

“Rata-rata batas atas kredit UMKM sampai dengan Rp500 juta. Sedangkan untuk KUR (kredit usaha rakyat) di bawah Rp100 juta,” kata Giri Laksomono di sela acara Pesta Rakyat Simpedes BRI Kantor Cabang Cikarang di Amazzone World, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Sabtu (17/6/2023).



Untuk mengoptimalkan penyaluran kredit kepada UMKM, BRI Kantor Cabang Cikarang mengerahkan 63 tenaga pemasar atau mantri. Setiap seorang mantri bertugas di satu desa dan dibekali dengan aplikasi BRISpot untuk memetakan potensi masyarakat di wilayah kerjanya.

“Salah satu percepatan penyaluran kredit untuk UMKM dibantu penggunaan teknologi. Kami punya aplikasi BRISpot, yang memproses pengajuan kredit hingga pencairan dalam satu hari (one day service) atau selambat-lambatnya 2 hari,” ungkap Acep Mardiat yang juga menjabat sebagai Manajer Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Cikarang.

BRISpot merupakan aplikasi internal bagi pengawai BRI untuk proses kredit dan kegiatan pemasaran. Aplikasi ini memiliki fitur Prakarsa Kredit, Simulasi Pinjaman, Referral, dan Customer Relation Management.

“Aplikasi BRISpot memiliki fitur yang dibutuhkan mantri untuk akselarasi percepatan proses kredit. Dalam aplikasi ini ada data nasabah yang potensial sehingga para mantri tinggal menindaklanjuti daftar tersebut,” terang Acep Mardiat.

Seorang mantri ditargetkan bisa menjaring 15 debitur setiap bulan dengan penyaluran kredit sekitar Rp1,5 miliar. “Itu target tertinggi kuadran 1, jadi setidaknya dalam satu hari bisa menyalurkan kredit sebesar Rp150 juta,” ujar Acep.



Hasilnya, lanjut Acep, penyaluran kredit BRI Kantor Cabang Cikarang setiap bulan rata-rata mencapai sekitar Rp70 miliar. “Jadi sampai akhir bulan Mei tahun ini sudah sekitar Rp350 miliar, dengan pertumbuhan sudah lebih dari 13%,” pungkasnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)