Mentan Sebut Kebutuhan Hewan Kurban Tahun Ini Capai 1,7 Juta Ekor Lebih

Selasa, 20 Juni 2023 - 08:08 WIB
loading...
Mentan Sebut Kebutuhan Hewan Kurban Tahun Ini Capai 1,7 Juta Ekor Lebih
Mentan SYL saat mengecek ketersediaan hewan kurban di Bogor. Foto/Kementan
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) memastikan ketersediaan hewan kurban secara nasional dalam kondisi baik menjelang perayaan Idul Adha 2023. Mentan menjelaskan, ketersediaan hewan kurban saat ini bahkan suprlus.



Kementan mencatat, ketersediaan hewan kurban 2023 secara nasional baik sapi, kerbau, kambing maupun domba mencapai 2.737.996 ekor. Sementara kebutuhan hewan kurban tahun ini diproyeksikan sebanyak 1.743.051 ekor atau meningkat 2% dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini, saya pastikan Kementan mempersiapkan hewan kurban dengan jauh lebih baik dalam segala aspek, tentu Kementan bersama dengan kabupaten dan provinsi yang ada di Indonesia,” ujar Mentan SYL dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (20/6/2023).

Data-data tersebut disampaikan Mentan SYL saat mengecek langsung ketersediaan hewan kurban di Kandang Kelompok Ternak milik PT Bima Jaya Farm yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Depo Sapi Qurban Bima Jaya Farm yang dicek langsung Mentan menampung 900 ekor sapi yang 90% di antaranya berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), dan 150 kambing/domba. Seluruh hewan kurban di sini dipastikan telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Hari ini saya cek ear tag, jadi semua hewan kurban yang dari daerah, NTT, NTB maupun Sulawesi harus ada ear tag, dan saya cek tadi disini ada semua” tegas Mentan SYL.



Lebih lanjut ia menekankan pihaknya bersama dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota senantiasa berkoordinasi untuk mempersiapkan hewan kurban tahun ini dalam segala aspek. Ia mengaku telah membentuk tim gugus tugas lyang setiap minggunya melaporkan kesiapan hewan kurban di tingkat daerah.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)