Polusi Udara Jakarta Sangat Tinggi, Berikut Cara Mencegahnya

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:58 WIB
loading...
Polusi Udara Jakarta Sangat Tinggi, Berikut Cara Mencegahnya
Tips mencegah dampak negatif polusi udara bagi kesehatan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini kita dihebohkan dengan tingkat polusi udara DKI Jakarta yang sangat tinggi. Dilansir dari situs IQAir pada Selasa, 20 Juni 2023, tingkat polusi udara Jakarta berada di level 105 dengan polutan PM 2.5 atau dinyatakan tidak sehat bagi kelompok sensitif yang rentan penyakit. Bahkan, pada Senin lalu (19/06), tingkat polusi udara Jakarta mencapai angka 152.

Sebagaimana diketahui, Polusi udara adalah campuran partikel-partikel berbahaya dan zat kimia dalam udara yang dihasilkan dari berbagai sumber seperti industri, kendaraan bermotor hingga pelepasan gas rumah kaca. Partikel-partikel polutan ini sangat kecil, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam saluran pernapasan kita saat menghirup udara yang tercemar. Nah, hal ini kemudian dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, terutama pada sistem pernapasan manusia.



Untuk itu, bagi masyarakat yang sedang melakukan aktivitas luar ruangan, disarankan untuk mengambil sejumlah langkah untuk mencegah dampak negatif polusi udara bagi kesehatan, antara lain sebagai berikut:

1. Memakai Masker
Ketika terpapar polusi udara di luar ruangan yang tinggi, menggunakan masker pernapasan yang efektif dapat membantu melindungi saluran pernapasan Anda. Pilih masker dengan kemampuan penyaringan yang baik, seperti masker N95 atau masker dengan filter partikel PM2.5.

2. Menjalankan Pola Hidup Sehat
Menjaga pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, mengatur pola tidur yang baik, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur nyatanya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh kita diharapkan mampu melawan efek negatif dan mengurangi risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan polusi udara.

3. Membatasi Aktivitas Luar Ruangan
Jika tingkat polusi udara sedang tinggi-tingginya, pertimbangkan untuk tetap di dalam ruangan sebanyak mungkin dan menutup jendela serta pintu untuk mencegah masuknya udara tercemar. Selain itu, batasi aktivitas fisik di luar ruangan yang intens di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Senada dengan himbauan tersebut, Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, termasuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan transaksi keuangan. “Dengan polusi udara yang saat ini sedang memprihatinkan, penting sekali bagi kita untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan beralih ke digital banking untuk melakukan transaksi perbankan di rumah. Di MNC Bank, kita sudah punya MotionBank yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perbankan dimanapun tanpa harus keluar ruangan.”

Beliau menyampaikan, “MotionBank dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi sehari-hari seperti transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, top up & pay ke berbagai mitra layanan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO hingga DANA. Selain itu, MotionBank juga memiliki fitur-fitur unggulan terbaru seperti Pengajuan Kartu Kredit Online, Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank, Transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBank, hingga pembukaan rekening tabugan maupun Deposito Online.”

Terkait Deposito Online, MNC Bank juga memiliki program promo bunga 5% p.a untuk penempatan dana mulai dari Rp200 ribu. Untuk info syarat dan ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi link berikut ini : http://bit.ly/MBDepol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4808 seconds (0.1#10.140)