Terungkap! Gara-gara Robot AI Bos Grab PHK 1.000 Karyawan

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:13 WIB
loading...
Terungkap! Gara-gara Robot AI Bos Grab PHK 1.000 Karyawan
Grab mengungkapkan alasan melakukan PHK karyawan terbesar sejak pandemi. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Grab mengungkapkan alasan melakukan pemutusan hubungan kerja ( PHK ) terbesar sejak pandemi. Aplikasi pemesanan kendaraan dan pengiriman makanan terkemuka di Asia Tenggara akan memangkas 1.000 karyawan atau berjumlah 11% dari tenaga kerja keseluruhan.

Mengutip BBC, bos perusahaan tersebut mengatakan PHK diperlukan untuk menurunkan biaya dan memastikan layanan yang terjangkau dalam jangka panjang. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini menawarkan pengiriman, perjalanan, dan layanan keuangan di delapan negara Asia Tenggara.



Pada 2018, Grab mengambil alih operasi saingan Uber yang berbasis di AS di wilayah tersebut. Dalam email kepada karyawan, Kepala Eksekutif Grab Anthony Tan mengungkapkan bahwa PHK tersebut bukan jalan pintas untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Dia juga menyoroti dampak dari teknologi kecerdasan buatan atau AI dan meningkatnya utang perusahaan sebagai penyebab pemangkasan karyawan.

"Perubahan tidak pernah secepat ini. Teknologi seperti AI generatif berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Biaya modal telah meningkat, secara langsung berdampak pada lanskap persaingan," kata dia.

Grab telah hadir di negara-negara seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Pada Maret 2018, Grab mengumumkan bahwa mereka telah membeli operasi Uber di wilayah tersebut. Putaran terakhir pemutusan hubungan kerja Grab adalah pada tahun 2020, ketika itu kehilangan 360 posisi karena pandemi.

Saham perusahaan yang terdaftar di New York turun 1,2%. Pengumuman itu muncul bebarengan dengan PHK startup di seluruh dunia. Perusahaan ride-hailing Indonesia GoTo, saingan Grab di Asia Tenggara, memangkas sekitar 12% tenaga kerjanya tahun lalu dan memangkas 600 pekerjaan lagi di bulan Maret.



Menyusul perusahaan pengiriman makanan Just Eat mengatakan akan memangkas 1.870 pekerjaan di Inggris setelah penurunan penjualan. Perusahaan mengatakan akan berhenti mempekerjakan kurirnya sendiri dan menggunakan kontraktor sebagai gantinya, yang mengakibatkan 1.700 pekerjaan hilang.

Tak berhenti di situ, pada April aplikasi ride-hailing AS Lyft juga mengumumkan akan memangkas lebih dari 1.000 pekerja atau lebih dari seperempat tenaga kerjanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)