Hyperlocal Tokopedia Bikin UMKM di Medan Tingkatkan Penjualan Essentials Oil 5 Kali Lipat

Rabu, 21 Juni 2023 - 12:31 WIB
loading...
Hyperlocal Tokopedia Bikin UMKM di Medan Tingkatkan Penjualan Essentials Oil 5 Kali Lipat
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk UMKM telah mampu meningkatkan penjualan essentials oil di Medan, Sumatera Utara hingga 5 kali lipat. Foto/Dok
A A A
MEDAN - Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk UMKM telah mampu meningkatkan penjualan essentials oil di Medan, Sumatera Utara hingga 5 kali lipat. UMKM yang berhasil tumbuh berkembang berkat Hyperlocal Tokopedia yakni Fog Apotherachy. Fog Apotherachy merupakan UMKM di Medan dan salah satu toko penjual Tokopedia di Medan.

“Sudah ada lebih 14 juta penjual di Tokopedia dan nyaris 100 persen UMKM termasuk di Medan. Untuk mendorong kemajuan penjual, Tokopedia melakukan inisiatif Hyperlocal,” ujar Corporate Affairs Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz saat workshop UMKM Medan di Interlokal, Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/6/2023).



Hyperlocal mendekatkan penjual dengan pembeli dimanapun berada, agar pelaku usaha punya kesempatan sama untuk tumbuh, tanpa harus pindah ke ibukota. Salah satu manifestasi Hyperlocal, yaitu Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Kehadiran inisiatif Hyperlocal Tokopedia telah berdampak positif bagi pelaku UMKM lokal. Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) 2023 mencatat tiga alasan teratas penjual menggunakan Tokopedia, yaitu: (1) kemudahan memulai bisnis (84,01%), (2) meningkatkan jumlah penjualan dan pelanggan (65,13%) dan (3) mendapatkan fleksibilitas waktu (60,77%).



Riset ini juga mengungkapkan penjual baru di Tokopedia mengalami peningkatan rata-rata pendapatan per bulan menjadi Rp7.865.628, sementara penjual lama menjadi Rp10.783.999, di tahun 2022.

Salah satu UMKM Medan sekaligus penjual di Tokopedia adalah Fog Apothecary. Fog Apothecary menjual produk essential oil, perawatan tubuh dan wewangian rumah berbahan alami. Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018 dan mengikuti beragam kampanye–seperti turunan Hyperlocal yaitu KTP–bisnis Fog Apothecary kian tumbuh dan berkembang.

UMKM Medan ‘Fog Apothecary’ Berdayakan Ratusan Petani, Buat Essential Oil Ramah Kulit Sensitif

Essential oil adalah minyak hasil ekstraksi jenis tanaman tertentu. Essential oil digunakan dalam terapi alternatif aromaterapi karena mampu memberikan efek psikologis, seperti menenangkan pikiran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)