Pabrikan Mobil Listrik Dunia Mau Investasi Rp19,5 Triliun di Indonesia, Tesla Bukan?

Jum'at, 23 Juni 2023 - 21:49 WIB
loading...
Pabrikan Mobil Listrik Dunia Mau Investasi Rp19,5 Triliun di Indonesia, Tesla Bukan?
Pabrikan mobil listrik ternama dunia bakal berinvestasi Rp19,5 triliun untuk membangun pabrik dan jaringan distribusi di Indonesia. Foto/SINDOnews/Yudhistiro Pranoto
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan soal pabrikan mobil listrik ternama dunia yang bakal berinvestasi di Indonesia. Investasi USD1,3 miliar atau setara Rp19,5 triliun bakal digelontorkan untuk membangun pabrik dan jaringan distribusi.

Namun, Luhut masih enggan membeberkan nama perusahaan dimaksud. Pun ketika ditanya terkait apakah asal pabrikan tersebut dari Amerika Serikat (AS), dalam hal ini Tesla, purnawirawan jenderal TNI itu juga belum mau terbuka.

Luhut hanya memastikan bahwa perusahaan tersebut bagus dan produknya sangat cocok dengan selera masyarakat Indonesia.

"Iya itu udah pabriknya (akan berdiri di Indonesia). Untuk namanya nanti dikabarin, yang pasti perusahaan bagus lah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Sebelumnya, Luhut melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa ada pabrikan mobil listrik dunia yang berinvestasi di Indonesia.

"Bapak Presiden dapat kami laporkan minggu lalu kami sudah menerima proposal. Investasi dari salah satu produsen mobil listrik terkemuka di dunia untuk membangun pabrik dan jaringan distribusi dengan nilai investasi USD1,3 milliar," kata Luhut dikutip dari siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (20/6).

"Ini akan menjadi game changer buat presiden karena produk EV (Electric Vehicle) yang mereka produksi cocok dengan selera rakyat Indonesia dengan harga yang terjangkau," tambahnya.



Meski begitu, Luhut menyebutkan bahwa produsen tersebut memerlukan adanya pasokan tembaga untuk membuat suatu ekosistem dari mobil listrik.

Oleh karenanya, Luhut mengungkapkan bahwa pabrik foil tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia di kawasan industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur harus terus didukung. Dia menargetkan pabrik ini dapat beroperasi secara komersial pada Mei 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)