Ganjar Mbangun Ndeso Bisa Jadi Contoh Daerah Lain

Jum'at, 23 Juni 2023 - 13:30 WIB
loading...
Ganjar Mbangun Ndeso Bisa Jadi Contoh Daerah Lain
Bupati hingga perangkat desa di Gowa, Sulawesi Selatan bertemu Ganjar Pranowo untuk studi tiru pembangunan desa di Jawa Tengah. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Program Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membangun desa atau mbangun ndeso bisa menjadi contoh daerah lain dibangun melalui pinggiran. Hal itu disampaikan oleh Bupati Gowa di Sulawesi Selatan (Sulsel) Adnan Purichta Ichsan.

Bersama Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dan 250 camat, PKK, dan kepala desa (kades) se-kabupaten Gowa sengaja datang untuk melakukan studi meniru langsung cara Ganjar Pranowo tentang pembangunan desa di Jateng.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, desa-desa yang ada di Provinsi Jateng terus mengalami kemajuan. Proses kemajuan itulah yang menjadi dasar Adnan beserta rombongan belajar kepada Ganjar.

"Melihat desa-desa di Jawa Tengah ini banyak yang maju. Sehingga untuk mendorong desa yang ada di Kabupaten Gowa menjadi lebih maju, maka harus dilakukan studi tiru di Jawa Tengah," kata Adnan di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kota Semarang, Jateng, Kamis (22/6/2023).



Adnan mengatakan, studi tiru ini merupakan salah satu upaya pembangunan yang sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni melakukan pembangunan mulai dari pinggir, dari desa-desa.

"Kita berharap sama-sama kemajuan desa mulai dari pinggir, sesuai dari visi presiden," kata Adnan.

Sementara, Ganjar menyambut baik kedatangan jajaran Pemkab Gowa untuk belajar pembangunan desa. Selama ini, kata Ganjar, Provinsi Jateng terus membangun desa dengan inovasi desa wisata hingga desa antikorupsi.

"Terus kemudian ada yang punya kreativitas dengan potensi-potensinya. Sekarang coba kita kembangkan antarprovinsi dan Gowa adalah salah satu yang kemudian merespons dengan bagus," kata Ganjar.



Ganjar berharap, apa yang disampaikannya terkait pembangunan desa bisa bermanfaat untuk jajaran Kabupaten Gowa. Namun demikian, Ganjar menyebut juga banyak belajar dari Gowa tentang pembangunan desa.

"Mudah-mudahan nanti saling belajar dan pengalaman-pengalaman baik saling kita tukarkan. Kita belajar dari Gowa, dan Gowa belajar dari Kabupaten atau desa yang ada di Jawa Tengah," kata Ganjar.

Sebagai informasi, selama dua periode kepemimpinan, Ganjar terus mengupayakan kemajuan daerah dengan membangun 10 ribu jalan desa, meluncurkan desa antikorupsi, hingga mengucurkan Rp1,7 triliun untuk mengangkat perekonomian desa.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2468 seconds (0.1#10.140)