Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Terminal Kalibaru

Senin, 12 September 2016 - 13:48 WIB
Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Terminal Kalibaru
Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Terminal Kalibaru
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini mengecek kesiapan Terminal Peti Kemas Kalibaru, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hal tersebut dilakukan menjelang peresmian yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok.

Budi mengatakan, Jokowi diperkirakan datang pagi sekitar pukul 08.00-08.30 WIB. Presiden datang untuk menandai program menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai real hub.

"Ya, insya Allah besok Pak Presiden akan ke sini pukul 08.00 atau 08.30 WIB meresmikan Kalibaru ini tapi operasi sudah jalan. Menandai bagian dari suatu spirit kita menjadikan Priok jadi real hub," ujarnya di Jakarta, Senin (12/9/2016).

Dia menuturkan, Indonesia memiliki persaingan dengan negara tetangga dalam hal distribusi logistik melalui pelabuhan. Pelabuhan Tanjung Priok diyakini dapat lebih besar dari saat ini.

"Kenapa saya katakan itu karena kita berkompetisi dengan negara tetangga buat legitimasi Priok jadi besar. Kita miliki negara yang besar, jumlah penduduk banyak, wilayah luas," kata Budi.

Menurutnya, miris jika Indonesia tidak memiliki pelabuhan yang berpengaruh besar terhadap kegiatan perdagangan. Tidak lagi barang datang singgah terlebih dulu ke negara lain.

"Ironis apabila kita tidak di hub yang sebenarnya. Kita komunikasi dengan Pak Evelyn (direktur utama Pelindo II), Pak Dirjen (perhubungan laut), banyak tugas bersama menuju ke arah itu. Tidak ringan tapi dengan satu kesungguhan," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6505 seconds (0.1#10.140)