UMKM Sahabat Sandi Ciptakan Peluang Bisnis Usaha Buket Bunga di Makassar

Selasa, 27 Juni 2023 - 10:30 WIB
loading...
UMKM Sahabat Sandi Ciptakan Peluang Bisnis Usaha Buket Bunga di Makassar
UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan buah tangan di Aurora Studio, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/6/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Saat ini pemberian buah tangan atau hadiah berupa buket bunga sudah menjadi tren yang digandrungi dari berbagai kalangan. Melirik keuntungan tersebut, UMKM Sahabat Sandi meningkatkan kreatifitas berinovasi milenial dalam bisnis menjanjikan.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Makassar Ethy Wirdaningsih mengatakan pelatihan ini tertuju agar para milenial fokus berwirausaha untuk mendorong percepatan lapangan kerja baru. Dikarenakan usaha buket terus berkembang dengan omzet yang menguntungkan.

"UMKM Sahabat Sandi adakan pelatihan buket bunga, tujuannya agar milenial terbuka mainsetnya untuk membuka peluang usaha. Buket bunga ini modalnya sangat minim, jika difokuskan peserta dapat membuka toko buket, dengan begitu tercipta lapangan kerja. Usaha buket sangat menjanjikan, karena mereka bisa berjualan memulai online dan mouth of mouth," kata Ethy di Aurora Studio, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (26/6/2023).



Ethy menjelaskan bahwa programnya didukung oleh Sandiaga Uno untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di Indonesia. Sehingga, UMKM Sahabat Sandi optimis membantu target Menparekraf.

"Pelatihan ini tadinya dibuat UMKM Sahabat Sandi berbayar, tetapi karena support dari Pak Sandiaga Uno menjadi free. Alhamdulillah support dari beliau, kita juga siap membantu UMKM sama-sama menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di 2024," jelas Ethy.

Dalam pelatihan ini, Ethy menyampaikan masing-masing peserta mendapatkan alat dan bahan untuk membuat buket bunga, mulai dari kertas dengan berbagai ukuran, tali, dan bunga.

Pada kesempatan sama, UMKM Sahabat Sandi pun memberikan modal usaha serta pendampingan lanjutan kepada tiga peserta terbaik untuk membuka usaha.

"Ini adalah usaha kekinian, saya rasa dalam sebulan peserta akan membuat toko buket, kita juga mengadakan pendampingan dan modal usaha. Harapannya mereka akan langsung membuka usaha," tegasnya.



Salah satu peserta pelatihan, Vira, (17), mengatakan program Sandiaga Uno sangat bermanfaat bagi generasi muda. Ia juga menambahkan, milenial dapat membuktikan kepada masyarakat luas bahwa mampu menciptakan lapangan kerja.

"Bagi kami ini sangat bermanfaat untuk menambah kreatifitas, saya berkeinginan membuka usaha buket bunga, karena mudah dan modalnya sedikit. Semoga saya bisa mengelolanya sampai sukses agar milenial juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas. Terima kasih Pak Sandi pelatihannya," ungkap Vira.

Hasil akhir kegiatan para peserta mahir dan dapat berkreasi sendiri mengembangkan bakat serta keterampilan dalam pembuatan buket bunga.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)