Libur Panjang Iduladha, Angkasa Pura I Prediksi Layani 1 Juta Lebih Penumpang

Rabu, 28 Juni 2023 - 08:15 WIB
loading...
Libur Panjang Iduladha, Angkasa Pura I Prediksi Layani 1 Juta Lebih Penumpang
Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi andalan bagi Angkasa Pura I mendongkrak jumlah penumpang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura I memperkirakan akan melayani sekitar 1.048.781 penumpang di 15 bandara kelolaannya pada periode libur panjang Hari Raya Iduladha 2023/1444 Hijriah yang terhitung mulai 28 Juni hingga 2 Juli 2023. Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Direktur Utama PT Angkasa Pura I Lukman F. Laisa merincikan jumlah perkiraan penumpang tersebut terdiri atas 832.532 pergerakan penumpang rute domestik dan 216.249 pergerakan penumpang rute internasional.



"Angkasa Pura I juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu, 28 Juni 2023, dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang di 15 bandara," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (28/6/2023).

Lukman menjelaskan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama periode ini.

Bandara I Gusti Ngurah Rai yang secara tradisional merupakan bandara tujuan wisatawan lokal dan internasional, prediksikan akan menjadi bandara yang melayani pergerakan penumpang tertinggi di antara bandara-bandara Angkasa Pura I.

Lebih lanjut, Lukman menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode ini pihaknya memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyesuaikan jam operasi bandara apabila diperlukan.

"Selama periode ini, tiga bandara Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan beroperasi selama 24 jam dalam satu hari," katanya.

Angkasa Pura I juga menjalin koordinasi secara terus-menerus dengan instansi terkait untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan dan menjaga kualitas layanan atau level of service bagi seluruh pengguna jasa bandara. Dengan prediksi potensi lonjakan penumpang di bandara pada masa liburan panjang kali ini, Lukman mengimbau agar masyarakat dapat tetap memperhatikan protokol kesehatan.



"Kami mengimbau kepada para pengguna jasa yang hendak melakukan perjalanan udara untuk tetap memperhatikan implementasi protokol kesehatan, berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk update jadwal perjalanan, serta untuk tiba di bandara lebih awal guna menghindari kepadatan menuju ke bandara," tutup Lukman.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1118 seconds (0.1#10.140)