Berkah Ibadah Haji buat Bandara Kertajati yang Pernah Mati Suri

Senin, 03 Juli 2023 - 17:57 WIB
loading...
Berkah Ibadah Haji buat Bandara Kertajati yang Pernah Mati Suri
Bandara Kertajati menjadi bandara untuk kepentingan ibadah haji. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati , Majalengka, kembali mulai menunjukkan aktivitas penerbangan, setelah sebelumnya mengalami mati suri cukup lama. Kini bandara tersebut melayani penerbangan umrah, haji , dan wisatawan.



Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan, pada April 2023 Bandara Kertajati melayani penerbangan umrah sebanyak 200 jemaah yang terbang menggunakan maskapai Lion Air.

Kemudian pada Mei 2023 sebanyak 143 jemaah umrah terbang menuju Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia dan juga ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan calon jemaah haji.

“Keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Kertajati berlangsung dari 28 Mei hingga 23 Juni 2023 dengan total 25 kloter dan jumlah calon jemaah haji mencapai 9.268 orang," katanya dalam keterangan tertulis tertulis, Senin (3/7/2023).

Kemudian pada 9 Juli hingga 3 Agustus 2023, Nuril mengatakan Bandara Kertajati akan melayani penerbangan kepulangan jemaah haji dengan total penerbangan sebanyak 25 kloter. Selanjutnya maskapai Garuda juga akan membuka penerbangan khusus umrah melalui Bandara Kertajati-Jeddah (Arab Saudi) mulai 6 Agustus 2023.

“Dibukanya penerbangan khusus umrah menuju Jeddah ini sekaligus menandakan adanya potensi yang cukup besar untuk penerbangan di Bandara Kertajati. Penerbangan ini memudahkan masyarakat di Jabar bagian timur seperti Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Kuningan serta juga masyarakat di Jawa Tengah bagian barat seperti Tegal dan Bebres untuk beribadah umrah,” ungkap Nuril Huda.

Lebih lanjut, Nuril Huda menuturkan pasar penerbangan internasional di Bandara Kertajati juga terbuka luas sejalan dengan banyaknya sektor industri di sekitar bandara. Mulai 17 Mei 2023 bandara ini juga telah melayani penerbangan reguler AirAsia menuju Kuala Lumpur, Malaysia, dengan mengoperasikan penerbangani sebanyak 2 kali dalam seminggu, yakni pada Rabu dan Minggu.

“Kami berharap penerbangan dari Kertajati-Kuala Lumpur-Kertajati ini dapat turut mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Jawa Barat,” ujar Nuril Huda.

Tidak berhenti di situ, Bandara Kertajati juga sangat mendukung sektor industri di Jawa Barat dengan melayani penerbangan kargo. Bahkan, pada 22 Maret 2023, Bandara Kertajati melayani pendaratan salah satu pesawat kargo (freighter) terbesar di dunia, yakni Antonov 124-100 yang membawa mesin pabrik.



“Bandara Kertajati sangat siap dari sisi fasilitas dan operasional untuk mendukung perekenomian di Jawa Barat,” ujar Nuril Huda.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)