Mau Self Reward? Boleh, yang Penting…

Selasa, 04 Juli 2023 - 14:18 WIB
loading...
Mau Self Reward? Boleh, yang Penting…
MNC Bank memberikan tips agar tetap bisa menikmati self reward namun tetap bisa mengontrol keuangan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah perkembangan modernitas, budaya hedonisme atau konsumtif semakin merajalela di masyarakat. Apalagi di tengah perkembangan teknologi digital yang saling terhubung, budaya tersebut semakin merajalela dengan akses mudah ke hiburan instan, gratifikasi segera, dan kesenangan yang menggoda.

Dalam budaya hedonisme, sebagian besar individu cenderung memprioritaskan kepuasan dan kesenangan secara instan. Hal ini sering mengarah pada pengeluaran berlebihan untuk makanan dan barang-barang mewah, liburan, tanpa memperhatikan kemampuan finansial yang sebenarnya. Akibatnya, mereka mengorbankan tabungan dan akhirnya tidak memiliki cadangan keuangan yang cukup.

Presiden Direktur MNC Bank, Rita Montagna menyampaikan bahwa budaya hedonisme sering mengabaikan perencanaan keuangan jangka panjang. “Menyenangkan diri sendiri atau bahasa modernnya self reward itu sebenarnya sah-sah saja, jika terkontrol ya. Namun, semua bisa lain ceritanya jika kita terjebak dalam gaya hidup tersebut dan tidak memikirkan masa depan atau mengalokasikan dana untuk tabungan, investasi, atau pensiun.”

Oleh karena itu, Rita memberikan sejumlah tips agar kita bisa tetap menikmati self reward namun tetap bisa mengontrol keuangan dengan baik:

1. Literasi Keuangan
Luangkan waktu untuk mempelajari literasi keuangan adalah kunci untuk mengelola keuangan dengan baik. Dengan memahami konsep literasi keuangan, kita dapat membuat keputusan yang cerdas tentang bagaimana menggunakan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar utang, dan menabung untuk masa depan.

2. Menghindari Hutang yang Tidak Perlu
Salah satu manfaat utama literasi keuangan adalah membantu kita untuk menghindari utang yang berlebihan. Meminimalisir penggunaan kredit atau pinjaman yang tidak diperlukan dapat membantu menghindari akumulasi utang yang membengkak dan sebaiknya, upayakan untuk membayar tagihan secara penuh.

3. Menabung
Terdengar klise namun ini benar adanya. Menabung memberikan kita keamanan finansial yang penting. Dengan memiliki dana darurat yang mencukupi, tentunya dapat memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran. Selain itu, mengalokasikan sebagian pendapatan untuk menabung dan menciptakan cadangan keuangan yang dapat melindungi dari kejadian tak terduga.

Bagi yang bosan menabung dengan cara yang itu-itu saja, Rita juga memperkenalkan cara menabung yang menguntungkan dengan program Tabungan Dahsyat Bundling dari MNC Bank. “Hanya dengan pembukaan rekening tabungan dan deposito di MNC Bank dengan tenor 3 bulan secara bersamaan, Nasabah bisa langsung mendapatkan cashback hingga Rp53 juta yang akan dibayar di muka paling lambat 14 hari kerja. Ini bisa menjadi langkah awal yang menguntungkan bagi mereka yang ingin mengelola keuangan dengan bijaksana, menghindari pengeluaran berlebihan, dan memprioritaskan perencanaan keuangan jangka panjang.”

Terakhir, Rita berpesan dengan meningkatkan literasi keuangan, kita dapat membangun keamanan finansial, mengelola risiko, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang dengan lebih baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai MNC Bank, hubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter. Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC

#MNCGroup #MNCBank #TabunganDahsyat #Tabungan #Deposito
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)