BPS Ramal Inflasi Terjaga hingga Pengujung Tahun

Senin, 03 Oktober 2016 - 18:07 WIB
BPS Ramal Inflasi Terjaga hingga Pengujung Tahun
BPS Ramal Inflasi Terjaga hingga Pengujung Tahun
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) meramalkan inflasi akan tetap terjaga diangka 4 plus minus 1% hingga akhir tahun, lantaran selama sembilan bulan inflasi cukup terjaga. Bahkan ketika Ramadhan dan Lebaran, inflasi tidak terlalu tinggi meski ada gejolak harga komoditas pokok.

"Secara umum kalau untuk target saya kira akan tercapai, terjaga dengan baik. 4 plus minus 1%. atau mungkin bisa di bawah itu. Sisa 3 bulan ini, kami harapkan inflasinya enggak terlalu tinggi. Jadi setahun bisa terkendali," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Senin (3/10/2016).

Dia menambahkan yang paling mempengaruhi inflasi secara keseluruhan pertahun selain puasa dan lebaran yakni akhir tahun. Menurutnya akhir tahun biasanya banyak masyarakat Indonesia yang berlibur dan melakukan wisata ke luar negeri, sehingga tingkat penukaran rupiah terhadap mata uang asing meningkat.

"Jadi kalau Desember inflasinya 1%, ya keseluruhan tahun bisa 3% an lebih dikitlah," kata dia.

Lanjut dia menerangkan selain di akhir tahun, faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi yakni misalnya adanya kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang biasanya dilakukan di akhir tahun meskipun hingga saat ini belum ada kenaikan apapun.

"Kalau TDL kan ada judgement tiap bulan, disesuaikan dengan inflasi sebelumnya, valas dan harga minyak bumi. Tiap bulan dijugde oleh PLN bisa naik atau turun, tapi setiap bulan ada tambahan atau kenaikan lagi bisa saja. Ada faktor-faktor yang selama ini belum clear. Soal perubahan harga BBM juga belum pastikan," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6654 seconds (0.1#10.140)