Tips MotionTrade: Perhatikan 4 Hal Penting saat Periode Book Building

Kamis, 06 Juli 2023 - 13:50 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Perhatikan 4 Hal Penting saat Periode Book Building
MotionTrade memberikan tips saat periode book building. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi, serta edukasi pasar modal kepada masyarakat.

Aksi penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) dapat menjadi peluang bagi investor untuk memperoleh harga yang terjangkau sebelum saham melantai di pasar bursa. Investor dapat menyampaikan minat terhadap perusahaan yang akan listing tersebut saat periode book building. Dalam pasar modal, book building merupakan penawaran awal menggunakan prospektus untuk mengetahui minat calon investor pada efek yang ditawarkan oleh perusahaan. Berikut ini merupakan 4 hal yang telah MotionTrade rangkum untuk Anda ketahui pada saat periode book building agar sukses mendapatkan penjatahan.

1. Prospektus Perusahaan
Hal pertama yang perlu dilakukan oleh investor pada periode book building adalah mempelajari prospektus perusahaan. Perusahaan akan mempublikasikan prospektus yang berisi informasi mengenai profil laporan keuangan perusahaan, penggunaan dana, kebijakan dividen, dan informasi terkait lainnya.

2. Analisa Valuasi Harga Saham
Anda dapat menganalisa harga saham saat perusahaan hendak melakukan aksi penawaran perdana dengan menggunakan perhitungan valuasi harga berdasarkan beberapa cara, misalnya Earning Per Share (EPS), Price to Earning Ratio (PER), dan lainnya. Selanjutnya, Anda dapat membandingkan harga penawaran calon emiten selama book building dengan valuasi perusahaan sejenis.

3. Mengetahui Jadwal IPO
Saat akan melakukan pemesanan saham dalam periode bookbuillding, Anda perlu memperhatikan jadwal penawaran tersebut. Jadwal tersebut mencakup periode bookbuilding, tanggal penjatahan, tanggal pembayaran dari investor, tanggal distribusi saham secara elektronik, dan tanggal pencatatan di Bursa Efek Indonesia.

4. Melakukan Pemasangan Bid
Agar pesanan pada tahap book building berhasil, Anda dapat memasang harga tertinggi dari rentang harga yang ditawarkan, sehingga potensi untuk mendapatkan jatah saham IPO perusahaan juga tinggi. Namun, Anda perlu memahami bahwa harga saham berpotensi mengalami penurunan saat sudah diperdagangkan di bursa efek.

Pada aplikasi online trading MotionTrade, Anda dapat mengakses prospektus dan jadwal perusahaan yang akan melakukan book building hingga tahap IPO melalui menu E-IPO. Menu ini merupakan sistem penawaran berbasis digital yang dapat membantu Anda melakukan pemesanan dan pembayaran yang lebih cepat dan efisien.

Nikmati layanan investasi saham dan juga reksa dana dari #MNCSekuritas dengan mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #InvestasiReksaDana #YukInvestasiYuk #Bookbuilding #IPO #EIPO
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)