Investasi Korsel di Jateng Tembus Rp142 Triliun, Ganjar Tingkatkan Kerja Sama

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:43 WIB
loading...
Investasi Korsel di Jateng Tembus Rp142 Triliun, Ganjar Tingkatkan Kerja Sama
Ganjar Pranowo menerima kunjungan Gubernur Provinsi Chungcheong Buk-Do Korea Selatan, Kim Young Hwan, di Kantor Perwakilan Provinsi Jateng, Jakarta, Rabu (5/7/2023) malam. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerima kunjungan Gubernur Provinsi Chungcheong Buk-Do Korea Selatan, Kim Young Hwan. Pertemuan Ganjar dengan gubernur Provinsi Korea Selatan itu berlangsung di Kantor Perwakilan Provinsi Jateng, di Jakarta Selatan pada Rabu (5/7/2023) malam.

Menurut Ganjar Pranowo, pertemuan kedua pihak itu dalam rangka peningkatan kerja sama antara Provinsi Jateng dengan Provinsi Chungcheong-Buk Do yang telah terjalin selama 18 tahun.

"Ini perjalanan kerja sama yang cukup panjang sudah 18 tahun, dan hari ini kita perpanjang kerja samanya. Tadi kita sampaikan bagaimana kita tingkatkan hubungan kerja sama antara Jateng dengan Chungcheong Buk-Do," ujar Ganjar, Kamis (6/7/2023).



Ganjar menjelaskan kerja sama kedua provinsi yang telah berjalan di Jateng, antara lain penanaman modal para investor dari Korea Selatan USD9,8 miliar atau setara Rp142 triliun di Kawasan Industri Batang.

Selain itu, Jateng dan Chungcheong-Buk Do juga memperkuat kerja sama peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal yang dipekerjakan di perusahaan Korea Selatan.

Kerja sama kedua pihak pun akan terus ditingkatkan, khususnya investasi industri maju di Jawa Tengah dengan memboyong investor dari Korea Selatan. Adapun perusahaan besar asal Korea yang berkomitmen bisnis di Jawa Tengah sebagai provinsi ramah investasi, antara lain LG, Hyundai, Busan hingga KCC Glass yang membangun salah satu pabrik kaca terbesar se-Asia Tenggara di Batang.

"Mereka setuju kita kerja sama bisnis, B2B (business to business) berjalan, bahkan beberapa industri besar di Korea Selatan berinvestasi di Jawa Tengah, seperti LG, KCC Glass, terus ada baterai, ada mobil termasuk Hyundai semua sedang disiapkan," jelas Ganjar.

Tak hanya itu, Ganjar menyampaikan pihaknya telah meneken kerja sama pengembangan industri kreatif. Hal itu lantaran Korea Selatan adalah salah satu negara dengan kemajuan sektor industri kreatif yang cukup pesat dan digandrungi dalam hal kosmetik, musik dan film.

Bahkan, lanjut Ganjar, Gubernur Kim Young Hwan masih memiliki ikatan kekeluargaan dengan salah satu personel girlband Blackpink dan boyband BTS yang memiliki begitu banyak penggemar di Tanah Air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)