Indonesia Naik Kelas Jadi Negara Menengah-Atas, MNC Bank: Literasi dan Inklusi Keuangan Punya Peran Penting

Senin, 10 Juli 2023 - 14:18 WIB
loading...
Indonesia Naik Kelas Jadi Negara Menengah-Atas, MNC Bank: Literasi dan Inklusi Keuangan Punya Peran Penting
Untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan masyarakat dengan baik, MNC Bank menghadirkan Tabungan Dahsyat Bundling MNC Bank. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data terbaru yang dihimpun oleh Bank Dunia , Indonesia naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah-atas (upper-middle income) pada 2022. Menurut data Bank Dunia, pada 2022 pendapatan nasional bruto alias gross national income (GNI) per kapita Indonesia naik sekitar 9,8% secara tahunan (year-on-year/yoy), menjadi USD4.580. Padahal pada tahun 2021, GNI per kapita nasional masih USD4.170. Dengan peningkatan pendapatan per kapita hingga mencapai USD4.580 di 2022, Bank Dunia pun menempatkan Indonesia setara dengan Singapura dan Brunei Darussalam.



Prestasi Indonesia yang kini sudah menjadi Negara menengah-atas juga tidak lepas dari indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat yang meningkat. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, menunjukkan bahwa indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68% dan 85,10%, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03% dan 76,19%. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat Indonesia kini semakin mengerti tentang bagaimana cara mengelola uang dengan baik.

Presiden Direktur MNC Bank Rita Montagna menyampaikan, korelasi antara literasi dan inklusi keuangan dengan pertumbuhan ekonomi negara sangat relevan dan penting dalam konteks perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. “Tingkat literasi keuangan yang baik tentunya bisa membantu dalam mengambil keputusan keuangan yang lebih baik pula. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang konsep dan instrumen keuangan, masyarakat dapat mengelola anggaran pribadi mereka dengan bijaksana.”

Beliau juga menyampaikan bahwa melalui literasi keuangan, masyarakat dapat memahami berbagai pilihan tabungan dan investasi yang tersedia. Dengan pengetahuan yang tepat, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka. “Inklusi keuangan juga tidak kalah penting dalam memainkan peran menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Dengan memberikan akses ke layanan keuangan kepada masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau, inklusi keuangan membuka pintu bagi mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi secara aktif. Masyarakat yang memiliki akses terhadap layanan perbankan misalnya, kini bisa memulai atau mengembangkan usaha mereka sendiri, punya akses dalam mendapatkan modal, hingga kemudian mereka bisa melindungi dirinya dari risiko finansial yang tak terduga.”

Untuk membantu mereka memaksimalkan pengelolaan keuangan dengan baik, Rita juga memperkenalkan program Tabungan Dahsyat Bundling MNC Bank dengan segala manfaatnya yang beragam. “Produk tabungan konvensional yang sebelumnya terbilang membosankan, kini sudah bisa kita inovasikan menjadi instrumen investasi yang menguntungkan. Melalui Tabungan Dahsyat Bundling, hanya dengan tenor 3 bulan penempatan dana deposito dan tabungan secara bersamaan, nasabah bisa langsung mendapatkan cashback di muka. Program ini kami harapkan bisa menjadi salah satu stimulus kepada nasabah dan masyarakat sebagai upaya meningkatkan akses inklusi keuangan.”

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai MNC Bank, hubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.



Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC .

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)