Diresmikan Usai 12 Tahun Pengerjaan, Jalan Tol Cisumdawu Masih Gratis Selama 3 Minggu

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:15 WIB
loading...
Diresmikan Usai 12 Tahun Pengerjaan, Jalan Tol Cisumdawu Masih Gratis Selama 3 Minggu
Pembangunan jalan tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang Jawa Barat sudah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah 12 tahun pengerjaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan jalan tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan ( Cisumdawu ) di Kabupaten Sumedang Jawa Barat sudah rampung dan akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). Pembangunan tol Cisumdawu telah dimulai pada tahun 2011, namun karena masalah pembebasan lahan, membuat proyek tersebut baru dapat rampung di diresmikan hari ini setelah 12 tahun pengerjaan.

"Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Cisumdawu, jalan tol Cileunyi Sumedang dan Dawuan sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol menghubungkan kota Bandung melalui tol Cipularang ke tol Cipali," kata Jokowi dalam sambutannya mengutip YouTube Sekretariat Presiden.



"Dan supaya kita semuanya tahu jalan tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011 Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan pembebasan tanah," kata Jokowi.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja menjelaskan, saat ini jalan tol tersebut masih dibebaskan tarif sambil menghitung tarif yang akan dikenakan kemudian."Belum (dikenakan tarif), masih dibebaskan sekitar 2-3 minggu," ujar Endra saat dihubungi MNC Portal, Selasa (11/7/2023).



Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun. Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT (Citra Karya Jabar Tol).

Tol Cisumdawu telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022. Diikuti dengan Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 guna mendukung kelancaran lalu lintas selama Nataru 2022/2023.

Dengan dioperasikannya jalan tol ini secara penuh, maka pengendara dari arah Bandung apabila ingin menuju ke Semarang tidak perlu lagi melalui Cikampek. Tapi bisa langsung mengakses jalur Dawuan sehingga kendaraan di Cikampek diharapkan mampu terdistribusikan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)