BI Targetkan 45 Juta Pengguna QRIS, MNC Bank: Tingkatkan Pengalaman Bertransaksi

Rabu, 12 Juli 2023 - 13:37 WIB
loading...
BI Targetkan 45 Juta Pengguna QRIS, MNC Bank: Tingkatkan Pengalaman Bertransaksi
MNC Bank mengajak meningkatkan pengalaman transaksi QRIS. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tingkatkan penggunaan transaksi non tunai di Indonesia, Gubernur Bank Indonesia , Perry Warjiyo menargetkan 45 juta pengguna QRIS pada tahun 2023.

"Pada 2023, fokus kami adalah QRIS yang terus kami perluas untuk mikro maupun untuk tarik tunai transfer dan setor tunai QRIS TUNTAS. Kami menargetkan 45 juta pengguna QRIS, demikian juga perluasan mengenai BI-FAST baik untuk kepesertaan maupun layanan debit, maupun direct-debit, bulk-credit, request for paymet," kata Perry pada Rapat Kerja (Raker) Komisi XI DPR RI bersama Menteri Keuangan RI, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Ketua DK OJK, dan RDP dengan Kepala BPS pada Senin, 5 Juli 2023.



Sebagai upaya merealisasikan konektivitas pembayaran regional atau regional payment connectivity, Perry menjelaskan bahwa BI akan memperluas kampanye QRIS sebagai metode pembayaran digital di negara-negara kawasan, seperti Singapura, Filipina dan India. Adapun saat ini, Indonesia telah menjalin kerja sama untuk Implementasi penggunaan QRIS dengan Malaysia dan Thailand. Implementasi QRIS sebagai metode pembayaran digital merupakan bagian dari bauran kebijakan BI untuk memperluas digitalisasi sistem pembayaran.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Fitria Irmi Triswati pada Gelaran Wicara Bincang Milenial Paham Rupiah di Taman Lumbini Candi Borobudur, Selasa 8 Juli 2023 juga mengatakan bahwa Bank Indonesia (BI) mencatat penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Indonesia mencapai 184,29 juta transaksi atau tumbuh 152 persen dari jumlah transaksi sebelumnya.

Senada dengan hal tersebut, Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono mengatakan bahwa untuk mendukung target Bank Indonesia tersebut, Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) dalam hal ini sektor perbankan wajib untuk menggalakkan program kampanye digital banking. “Masyarakat Indonesia yang kini didominasi oleh generasi milenial itu kan sebenarnya memang sudah akrab dengan gadget ya. Mereka itu cenderung mencari pengalaman bertransaksi yang mudah dan cepat. Oleh karena itu, kita selaku lembaga perbankan perlu memastikan bahwa aplikasi dan platform digital banking dirancang dengan baik, mudah digunakan, intuitif dan yang paling penting menarik, itu yang terus menerus kami lakukan di MotionBank agar nasabah dan masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan layanan digital banking.”

Beliau menyampaikan bahwa MNC Bank secara berkala memang selalu melakukan update pada aplikasi digital banking MotionBank, baik dari sisi fitur maupun layanan, dengan tujuan menggali user experience yang perubahannya sangat dinamis mengikuti perkembangan jaman. MotionBank sendiri saat ini sudah dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi sehari-hari seperti transaksi by QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, top up & pay ke berbagai mitra layanan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO hingga DANA. Selain itu, MotionBank juga memiliki fitur-fitur unggulan terbaru seperti Pengajuan Kartu Kredit Online, Split Bill untuk permintaan transfer antar rekening MotionBank, Transfer dana menggunakan nomor handphone yang terdaftar untuk sesama rekening MotionBank, hingga pembukaan rekening tabungan maupun Deposito Online.

Yudis juga menambahkan bahwa saat ini banyak masyarakat juga masih kurang paham tentang manfaat dan keamanan digital banking. Oleh karena itu, perlu peran perbankan meningkatkan upaya edukasi/literasi maupun inklusi keuangan untuk menumbuhkan kesadaran tentang digital banking, “Pembahasannya ringan-ringan saja seperti aspek digital banking, keuntungan, langkah-langkah keamanan, sampai tips pengelolaan keuangan yang cerdas. Bahkan terakhir di MNC Bank, kita selenggarakan webinar tentang edukasi mengenai keamanan transaksi perbankan, minat masyarakat untuk mengikuti ternyata juga tinggi.”



Berkat upaya yang dilakukan tersebut, jumlah transaksi dan nilai transaksi QRIS melalui MotionBank pada akhir Desember 2022 hingga Juni 2023 (year to date) ini terbukti meningkat masing-masing sebesar 119,89 % dan 145,46%. “Kami berharap berbagai langkah nyata yang dilakukan MNC Bank tersebut bisa mendukung target dari Bank Indonesia untuk membangun masyarakat non tunai dengan segala kelebihannya,” tutup Yudistira.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.

Serta jangan lupa untuk menikmati layanan perbankan digital MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple App Store melalui tautan berikut https://bit.ly/MotionBankMNC .

#MNCGroup #MNCBank #MotionBank #QRIS #DigitalBank
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)