Industri Komunikasi Kalah Cepat dari Sektor Jasa Keuangan

Senin, 07 November 2016 - 14:37 WIB
Industri Komunikasi Kalah Cepat dari Sektor Jasa Keuangan
Industri Komunikasi Kalah Cepat dari Sektor Jasa Keuangan
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan pertumbuhan industri komunikasi kalah cepat dengan sektor jasa keuangan. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan industri komunikasi dapat tumbuh double digit pada 2018.

Hal tersebut seiring dengan ambisi Jokowi agar Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 6% pada tahun tersebut. Saat ini pertumbuhan industri komunikasi masih sekitar 8% hingga 10%. Posisinya hanya beda tipis dengan pertumbuhan industri jasa keuangan yang mencapai 11%-12%.

"Sektor media dan komunikasi hanya kalah cepat pertumbuhannya oleh sektor jasa keuangan. Jasa keuangan sekitar 11%-12%," katanya dalam acara Seminar Indonesia Naik Kelas yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews.com di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Menurutnya, target yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut menjadi pecutan semangat bagi Kemenkominfo dan industri komunikasi secara umum untuk terus berkembang ke depannya. "Itu (target Jokowi) menjadi sesuatu dorongan bagi kita untuk bisa terus berkembang," imbuh dia.

Caranya, yang harus dilakukan adalah mengubah strategi dengan tidak lagi membangun industri komunikasi untuk menutupi permintaan (demand). Namun, lebih jauh untuk membangun efek dari permintaan tersebut.

"Dan saya yakin pertumbuhan ekonomi untuk sektor media dan komunikasi akan double digit. Karenanya, pemerintah mengeluarkan regulasi di Kominfo selalu ditegaskan kepada peningkatan economic of skill untuk menciptakan efisiensi. Apapun, selama itu menciptakan efisiensi bagi industri kita akan keluarkan kebijakannya," tandas Rudiantara.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6003 seconds (0.1#10.140)