Titah Jokowi, BUMN Pertahanan Diminta Pindah ke Kawasan Industri Subang

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:19 WIB
loading...
Titah Jokowi, BUMN Pertahanan Diminta Pindah ke Kawasan Industri Subang
Erick Thohir menyampaikan, perihal permintaan Presiden Jokowi yang menginginkan PT Pindad (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI dipindahkan ke Kawasan Industri Subang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, perihal permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan PT Pindad (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI dipindahkan ke Kawasan Industri Subang . Alasanya agar pengembangan ekosistem industri di kawasan tersebut lebih terintegrasi.



Erick menerangkan lebih lanjut, selain integrasi ekosistem industri, lokasi operasional kedua anggota Holding BUMN Pertahanan (Defend ID) yang berada di tengah kota menjadi alasan sehingga harus dipindahkan.

"Kalau kita lihat juga bagaimana di Kertajati, Bapak Presiden menginginkan Pindad dan PTDI itu pindah ke Subang, Kawasan Industri Subang. Supaya terpadu, karena lokasi Pindad dan PTDI itu sudah di tengah kota," ucap Erick Thohir saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu malam (19/7/2023).



Fase pertama kawasan industri baru di Jawa Barat (Jabar) itu ditargetkan beroperasi pada kuartal III/2024. Kawasan ini akan terintegrasi dengan jalan tol Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Pelabuhan Patimban.

Karena itu, Kawasan Industri Subang digadang-gadang menjadi pusat bisnis dan ekonomi di Jawa Barat, termasuk mampu menarik lebih banyak investor. Permintaan perpindahan lokasi operasional dua anak usaha Defend ID sudah dibahas Jokowi, Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pembicaraan ini dilakukan dalam dua kali pertemuan.

Pada pertemuan pertama dilaksanakan di Istana Bogor Minggu kemarin. Dari perjumpaan ketiganya, Kepala Negara juga meminta agar industri pertahanan nasional terus diperkuat, karena erat kaitannya dengan keamanan negara dan masyarakat.

Erick pun memastikan Defend ID mengambil peran besar untuk memperkuat pertahanan di Tanah Air. Dua hari kemudian atau pada Selasa (18/7/2023), giliran Erick menyambangi Prabowo di Kementerian Pertahanan, tanpa Jokowi. Namun, forum itu didampingi Wakil Menteri BUMN II Rosan Perkasa Roeslani.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)