Sri Mulyani Ibaratkan Indonesia Lagu The Beatles: The Long and Winding Road

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:54 WIB
loading...
Sri Mulyani Ibaratkan Indonesia Lagu The Beatles: The Long and Winding Road
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengibaratkan Indonesia seperti lagu The Beatles berjudul The Long and Winding Road. Pembangunan yang dilakukan tidak semudah membalikkan telapak tangan penuh jalan berliku.

"Every country has its own “The Long and Winding Road” - seperti judul lagunya The Beatles. Begitu juga perjalanan Indonesia dalam mencapai cita-citanya," ungkap Sri Mulyani, dikutip melalui akun Instagram resminya @smindrawati, Kamis (20/7/2023).



Indonesia sebagai negara yang besar menghadapi tantangan yang sangat kompleks dalam hal pembangunan. Sejak merdeka, Indonesia setidaknya telah melewati 3 krisis besar mulai dari krisis moneter pada tahun 1997-1998, krisis keuangan global tahun 2008-2009, dan yang masih hangat, krisis pandemi lalu.

"Dari ketiga krisis tersebut kita belajar, sehingga kita mampu untuk bangkit dan tumbuh lebih kuat. Indonesia bahkan menjadi satu dari sedikit negara yang berhasil mengatasi krisis pandemi dengan cukup baik," ungkap Sri.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5% selama 6 kuartal berturut-turut. Adapun Produk Domestik Bruto (PDB) sekarang berada di atas level prapandemi.

"Defisit fiskal Indonesia mampu kembali di bawah 3% kurang dari 3 tahun konsolidasi fiskal tercepat. Indonesia menjadi inspirasi successful story di antara negara G20 yang lain," tambahnya.

Namun demikian, pandemi bukan krisis terakhir. Masih banyak tantangan yang akan dihadapi generasi Indonesia ke depan seperti climate change, teknologi digital, dan yang lainnya.



Di forum Indonesia Data and Economic hari ini, Sri Mulyani juga menitipkan pesan kepada generasi milenial bahwa penting untuk belajar bisa membaca dan menganalisis data karena ini yang akan menentukan arah kebijakan sekaligus bekal Indonesia mencapai cita-cita. "Perjalanan kita mungkin long and winding, tapi kita punya bekal untuk menghadapi masa depan," tutur Sri Mulyani.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)