IHSG Pekan Depan Diprediksi Sideways, Intip Prospeknya

Minggu, 23 Juli 2023 - 17:00 WIB
loading...
IHSG Pekan Depan Diprediksi Sideways, Intip Prospeknya
IHSG pekan depan diprediksi bergerak sideways. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah sentimen bakal mengiringi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG ) pada pekan depan. Analis pasar modal Ratih Mustikoningsih mengatakan indeks komposit masih akan bergerak sideways.

"Pasar masih wait and see, sehingga diproyeksikan bergerak sideways dalam range 6.818-6.920," kata Ratih melalui risetnya, Minggu (23/7/2023).



Sentimen yang paling dinanti adalah respons investor terhadap rilis laporan keuangan emiten untuk periode kuartal II 2023. Adapun rebalancing indeks LQ45 juga akan menjadi perhatian pelaku pasar.

Secara makro, semua mata bakal tertuju pada keputusan Bank Indonesia (BI) terkait tingkat suku bunga periode Juli 2023. BI diproyeksikan kembali menahan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75% demi menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan iklim investasi aset keuangan domestik.

Di sisi lain bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) juga bakal mengumumkan kebijakan bunga acuannya. Ratih menilai ada potensi kenaikan 25 bps menjadi 5,25-5,50%, sesuai dengan isyarat The Fed pada beberapa pertemuan sebelumnya.

"Pelaku pasar seharusnya telah merespon kebijakan tersebut karena The Fed sendiri dalam beberapa pertemuan terakhir masih menginginkan kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi kembali pada targetnya di level 2%," terangnya.



Pembacaan investor terhadap inflasi AS dan Eropa juga turut mempengaruhi market. Diketahui kedua wilayah tersebut mencatatkan tren penurunan inflasi, seperti AS di level 3 persen, dan Uni Eropa sebesar 5,5 persen.

"Terjaganya angka inflasi memberikan sinyal dovish dari Bank Sentral dan memberikan potensi pemulihan ekonomi," tandas Ratih.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)