Resmi Ambil Alih Blok Masela, Pertamina-Petronas Rogoh Kocek Rp9,75 Triliun

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:44 WIB
loading...
Resmi Ambil Alih Blok Masela, Pertamina-Petronas Rogoh Kocek Rp9,75 Triliun
Pertamina bersama Petronas mengambil alih Blok Masela dari Shell. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) dan Petronas mengeluarkan biaya Rp9,75 triliun mengambil alih Blok Masela dari Shell. Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi dan Petronas Masela Sdn Bhd mengambil hak partisipasi tersebut dengan porsi Pertamina 20% dan Petronas 15%.

Direktur Gas dan Hulu Terintegrasi Shell Zoë Yujnovich mengatakan keputusan menjual partisipasi di Blok Masela sejalan dengan fokus pada alokasi modal yang lebih disiplin.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas dukungan mereka selama proses penjualan. Shell tetap aktif di Indonesia dan terus berkontribusi dalam perjalanan transisi energi negara," jelasnya melalui pernyataannya, dikutip Selasa (25/7/2023).



Secara rinci, pembayaran akuisisi Blok Masela sebesar USD325 juta dalam bentuk tunai dengan tambahan jumlah kontingen sebesar USD325 juta yang harus dibayarkan saat keputusan investasi akhir (FID) diambil pada proyek gas Abadi.



Transaksi tersebut memiliki tanggal efektif 1 Januari 2023 dan ditargetkan akan selesai pada kuartal III 2023, dengan syarat penyelesaian, antara lain, persetujuan regulasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)