Tips MotionTrade: 4 Faktor Penting Tentukan Profil Risiko Investasi

Kamis, 27 Juli 2023 - 09:11 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 4 Faktor Penting Tentukan Profil Risiko Investasi
MotionTrade memberikan tips menentukan profil risiko investasi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi, serta edukasi pasar modal kepada masyarakat.

Setiap instrumen investasi memiliki risiko yang berbeda. Jika Anda pemula yang ingin memulai berinvestasi, maka Anda perlu mengenal terlebih dulu profil risiko investasi Anda untuk memilih instrumen yang sesuai. Profil risiko investasi dapat menjadi indikator untuk mengetahui tingkat toleransi individu terhadap potensi kerugian akibat volatilitas dalam instrumen pasar modal.



Profil agresif merupakan profil risiko di mana investor cenderung berani menghadapi risiko investasi yang tinggi. Profil moderat mengacu pada investor yang berani mengambil risiko besar, namun tetap berhati-hati. Profil konservatif mengacu pada investor yang cenderung memilih investasi dengan risiko rendah. MotionTrade telah merangkum 4 (empat) faktor penting penentu profil risiko investasi Anda, yaitu:

1. Jangka Waktu Investasi
Umumnya, generasi muda memilih produk finansial yang memberikan imbal hasil maksimal di masa depan, sehingga lebih berani untuk mengambil risiko tinggi. Hal ini berbeda dengan investor yang mendekati masa pensiun, yang cenderung memilih produk dengan risiko rendah untuk memperoleh imbal hasil secara stabil dalam jangka waktu pendek.

2. Pendapatan
Pendapatan dapat mempengaruhi profil risiko Anda. Jika Anda memiliki penghasilan tak menentu misalnya bekerja secara freelance, kemungkinan Anda mentolerir risiko investasi akan lebih rendah dibanding dengan investor yang mempunyai pendapatan tetap.

3. Tujuan Investasi
Tujuan investasi sangat diperlukan untuk mengetahui profil risiko Anda. Tujuan investasi setiap orang bisa bermacam- macam. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membeli rumah, mobil, dan lain sebagainya. Tujuan investasi dapat membantu Anda dalam menentukan profil risiko Anda.

4. Pengetahuan
Pengetahuan sangat penting dalam penentuan profil risiko investasi. Semakin banyak Anda mengetahui jenis produk investasi yang ada di pasar, maka semakin banyak cara untuk menghadapi risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Biasanya investor yang memiliki pengetahuan luas tentang investasi masuk dalam kategori profil risiko agresif.



Pada aplikasi trading MotionTrade milik MNC Sekuritas, Anda dapat melakukan pengecekan profil risiko melalui menu “Risk Profile” yang terdapat pada bagian reksa dana/ fund. Anda dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang telah disediakan, sehingga dapat membantu untuk mengetahui nilai dan level risiko investasi Anda.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)