Pesan Bos BI Perry Warjiyo: Beli Produk UMKM Jangan Nawar!

Kamis, 27 Juli 2023 - 12:40 WIB
loading...
Pesan Bos BI Perry Warjiyo: Beli Produk UMKM Jangan Nawar!
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menitipkan pesan kepada masyarakat, agar tidak menawar saat membeli produk UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) , Perry Warjiyo menitipkan pesan kepada masyarakat, agar tidak menawar saat membeli produk UMKM. Ia menyampaikan, bahwa lebih dari 50 juta UMKM dijalankan oleh ibu-ibu, dengan niat untuk mensejahterakan keluarganya, mendidik anak-anaknya bukan hanya di sekolah, tetapi juga menjadi pemimpin bangsa.

"Jadi kalau beli produk UMKM ya ibu-ibu ya, jangan nawarnya ke bawah. (Nawar) Rp5 juta, kalau boleh ya Rp10 juta," ujar Perry dalam Seremoni Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta, Kamis (27/7/2023).



Karena, dia menyebut Rp5 juta sisa itu bisa menjadi sedekah supaya ibu-ibu UMKM tersebut bisa menyekolahkan anak-anaknya untuk menjadi pemimpin bangsa kelak. "Nah untuk bapak-bapak, setelah ini buka HP-nya, langsung pakai QRIS, nah ini para pimpinan perbankan, langsung mobile banking, transfer Rp5 juta itu kekecilan," ungkap Perry.



Dia mengatakan, hal ini supaya ibu-ibu juga menggunakan QRIS dan BI-FAST memborong UMKM Karya Kreatif Indonesia 2023. "Itulah legacy, legacy yang kita wariskan pada negara ini, para UMKM, pemimpin bangsa. Ada tiga hal yang perlu kita lakukan untuk meng-create legacy," kata Perry.

Pertama KIS (Konsisten, inovatif, dan sinergi), dimana Ia mengajak semua pihak konsisten membangun wastra-wastra Indonesia langsung ditingkatkan secara nasional dan menembus pasar global.

"Terima kasih pak Teten dan Pak Sandiaga yang terus keliling Indonesia, konsisten membawa Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, kita konsisten terus, kita bina, kita majukan UMKM," tambah Perry.

Kedua, menjadi inovatif penting agar kreativitas dalam wastra Indonesia terus berlanjut dan tak habis. Kreativitas dari tradisional menjadi naik kelas, go nasional, go export, dan juga dilakukan digitalisasi.

"Insya Allah 45 juta QRIS kita lakukan, 30 juta adalah semuanya digunakan oleh UMKM sehingga kalau bapak ibu bayar, UMKM langsung dapat duitnya," ucap Perry.

Ketiga, adalah sinergi. BI tak bisa bekerja sendiri, maka dari itu BI menggandeng Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, OJK, Perbankan, fintech, desainer, dan pihak-pihak terkait untuk bersinergi bersama supaya bisa maju.

"Itulah semangat KIS yang kita bangun, KKI menjadi gelaran yang kita banggakan untuk memajukan UMKM dan membangun negeri ini, ekonomi kerakyatan, dan insya Allah mencetak pemimpin-pemimpin bangsa," tandas Perry.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)