Gelorakan Semangat Berkoperasi di Sekolah, Menko PMK: Agar Kemandirian Bangsa Tercapai

Jum'at, 28 Juli 2023 - 13:55 WIB
loading...
Gelorakan Semangat Berkoperasi di Sekolah, Menko PMK: Agar Kemandirian Bangsa Tercapai
Menko PMK, Muhadjir Effendy menyebut generasi masa depan perlu memiliki kesadaran mengenai koperasi sebagai bentuk pembelajaran karakter kewirausahaan secara partisipatif. Foto/Dok
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK ) Muhadjir Effendy menyebut generasi masa depan perlu memiliki kesadaran mengenai koperasi sebagai bentuk pembelajaran karakter kewirausahaan secara partisipatif.



Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam acara National Cooperative Summit Tahun 2023 dengan tema Revolusi Mental Gerakan Indonesia Mandiri Bersama Bangga Koperasi di Sekolah Melalui Koperasi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada, Sabtu (22/7/2023).

"Koperasi adalah soko guru ekonomi nasional. Maka sudah saatnya koperasi digelorakan kembali agar kemandirian dan kedaulatan bangsa tercapai," ucap Muhadjir.



Lebih lanjut, Menko Muhadjir juga mengatakan, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berdaulat dalam berkoperasi diperlukan sosok yang memiliki pemahaman utuh tentang koperasi.

Untuk itu dibutuhkan literasi koperasi di dunia pendidikan dan sekolah. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental di sekolah-sekolah, yang merupakan wujud Gerakan Indonesia Mandiri sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo dalam Nawacita.

"Revolusi mental itu sendiri merupakan perubahan cara berfikir, bersikap, dan bertindak dari yang kurang baik menjadi lebih baik serta yang sudah baik semakin lebih baik sehingga revolusi mental itu tidak pernah berhenti," tuturnya.

"Harus ada sosok yang memiliki pemahaman yang utuh terkait Koperasi sehingga dapat mengimplementasikan gerakan bangga berkoperasi di Indonesia," lanjut Muhadjir.

Kegiatan National Cooperative Summit 2023 ini akan diikuti 1300 orang dan diisi dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya adalah Expo Koperasi Siswa Terpilih di Indonesia.

Dalam Expo Koperasi terdapat Coaching Clinic Koperasi Sekolah oleh Kemenkop UKM RI untuk memberikan edukasi sekaligus tindak Lanjut revitalisasi Gerakan Bangga Berkoperasi melalui Koperasi Siswa di sekolah sehingga menumbuhkan kembali kesadaran berkoperasi sejak dini.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)