10 Negara dengan Inflasi Terendah di 2022, Nomor 7 Diramal Tenggelam pada 2100

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:30 WIB
loading...
10 Negara dengan Inflasi Terendah di 2022, Nomor 7 Diramal Tenggelam pada 2100
Pasar di Benin: negara dengan inflasi terendah di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Negara dengan inflasi terendah di 2022 sejatinya dikuasai oleh anggota "persemakmuran" China . Makau menjadi "negara" yang memiliki inflasi sangat rendah, yaitu 1,05%.



Lantaran Makau merupakan wilayah adminstratif China, bersama Hong Kong, maka keduanya dikecualikan dari daftar negara dengan inflasi terendah di 2022. Makau dan Hong Kong belum sepenuhnya bisa disebut sebagai sebuah negara yang merdeka.

Inflasi adalah kecenderungan naiknya harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus. Jika harga barang dan jasa meningkat, maka inflasi mengalami kenaikan.

Ada banyak faktor yang menciptakan inflasi. Mulai dari kenaikan permintaan melebihi penawaran atau demand pull inflation, kenaikan harga BBM, hingga inflasi dari luar negeri atau imported inflation.

Inflasi memiliki dampak yang bisa mengarah ke krisis, baik ekonomi maupun politik. Semakin tinggi inflasi, semakin membuat masyarakat kesulitan memenuhi barang-barang kebutuhan.

Inflasi yang terlalu rendah belum tentu juga mengindikasikan bahwa ekonomi baik-baik saja. Ada pandangan bahwa inflasi yang terlalu rendah membuat minat pengusaha untuk berbisnis menjadi berkurang karena sedikitnya uang yang beredar.

Jika dihadapkan pada pilihan inflasi rendah atau tinggi? Tentu banyak negara yang memilih inflasi rendah. Lantas siapa saja negara dengan inflasi terendah?

Mengutip Statista, ini 10 negara dengan inflasi terendah di 2022:


1. Benin

Republik Benin, dahulu bernama Dahomey, adalah sebuah negara di Afrika barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Faso serta Niger di sebelah utara. Harusnya Benin di urutan kedua, namun karena Makau dikecualikan, maka negagara dengan populasi 13 juta jiwa ini menjadi numere uno. Inflasi Benin hanya 1,5%.

2. Bolivia

Negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat ini menduduki posisi kedua dengan inflasi sebesar 1,75%.

3. China

Negara dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 miliar jiwa ini berada di urutan ketiga. Luar biasa memang China, inflasinya di tahun 2022 hanya 1,88%. China memang negara yang bisa dibilang sanggup mengendalikan inflasinya. Sejak 2014 rata-rata inflasi China jauh di bawah 4%. Pernah menembus 6% di sekitaran tahun 2020.

4. Arab Saudi:

Salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia ini berada di urutan keempat. Negara dengan luas wilyah terluas kelima di Asia ini memiliki inflasi sebesar 2,47% di 2022.

5. Jepang

Negeri Matahari Terbit berada di posisi kelima. Negara dengan rasio utang luar negeri terhadap PDB yang melewati batas 100% ini memiliki iinflasi 2,5% di 2022.

6. Nauru

Nauru adalah salah satu negara yang jarang didengar, alias terbilang asing. Nauru, secara resmi bernama Republik Nauru dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer ke timur. Negara dengan luas 21 km2 dan jumlah penduduk hanya 12.511 jiwa ini menduduki posisi keenam dengan inflasi 2,57%.

7. Maladewa

Negara kepaulau yang memiliki panorama laut sangat indah ini berada di posisi ketujuh dengan inflasi 2,6%. Maladewa sangat mengandalkan pariwisata sebagai penyokong ekonominya. Namun seiring perubahan iklim yang terjadi, Maladewa menjadi negara yang sangat berisiko. Pulau-pulaunya terancam terendam kenaikan air laut. Negara ini diramal tenggelam pada 2100.

8. Grenada

Bersama Nauru, Grenada juga menjadi negara yang jarang terdengar. Negara kecil di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia ini memiliki inflasi hanya 2,65% dan berada di posisi kedelapan. Grenada berjarak sekitar 161 km di sebelah utara Venezuela. Populasinya hanya 124.610 jiwa.

9. SeyChelles

Seychelles atau Seiselensa berada di posisi sembilan sebagai negara dengan inflasi terendah di 2022. nNgara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, ini memiliki inflasi 2,73%. Bersama Grenada dan Nauru, Seychelles adalah negara yang masih terdengar asing.



10. St kitts and nevis

Juru kunci dipegang oleh St Kitts and Nevis dengan 2,74%. Federasi Saint Kitts dan Nevis, atau juga dikenal sebagai Federasi Saint Christopher dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, dalam luasnya, dan jumlah penduduknya. Luasnya hanya 261 km2 dan jumlah penduduk 47,6 ribu jiwa.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)