UMKM Sahabat Sandi Kolaborasi Gelar Pelatihan Usaha Bikin Sabun Cuci Piring

Jum'at, 28 Juli 2023 - 22:39 WIB
loading...
UMKM Sahabat Sandi Kolaborasi Gelar Pelatihan Usaha Bikin Sabun Cuci Piring
UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan sabun cuci piring di Balai Desa Karangsari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (28/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - UMKM Sahabat Sandi bersama Seeker Revolution dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Karangsari menggelar pelatihan sabun cuci piring. Kegiatan tersebut digelar di Balai Desa Karangsari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (28/7/2023).

Ketua PKK Karangsari, Zaidatul Mufitah mengatakan program pelatihan tersebut menghadirkan berbagai manfaat bagi para peserta. Selain membuka peluang usaha bagi ibu-ibu untuk berwirausaha secara mandiri, pelatihan ini juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

"Manfaatnya jelas besar sekali karena kita dilatih untuk bisa menghemat kebutuhan rumah tangga karena ada pelatihan seperti ini," ujar Zaidatul dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7/2023).



Melalui kegiatan ini, Zaidatul pun yakin lapangan pekerjaan bagi masyarakat dapat terbuka luas. Hal ini lantaran banyaknya UMKM yang tumbuh di wilayah tersebut.

"Dan peluangnya untuk berwirausaha sangat besar sekali karena kebetulan saya sendiri sebagai seorang pedagang, jadi itu bisa tersalurkan dengan adanya seperti ini," jelasnya.

Di sisi lain, salah satu peserta pelatihan, Tina Heru menilai program pelatihan yang digagas oleh Sandiaga Uno sangat menginspirasi dirinya dan emak-emak lainnya.

Dia berencana untuk berjualan produk sabun cuci piring usai mengikuti pelatihan. "Saya pribadi sangat terinspirasi untuk berjualan dan ingin membuat produk ini, walaupun seandainya tidak bisa dijual bisa untuk konsumsi sendiri," katanya.



Tina berharap ke depan, UMKM Sahabat Sandi bisa terus menggelar pelatihan bagi emak-emak di berbagai daerah Indonesia. Sebab, program tersebut mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat.

"Ini sangat bagus sekali dan terimakasih pak Sandiaga Uno atas pelatihannya, karena kita jadi ada keinginan untuk berwirausaha. Dan dengan ini mudah-mudahan kedepannya ada lagi pelatihan yang lebih dari ini," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)