Erick Thohir Dorong Pelaku UMKM Milenial Go Global

Senin, 31 Juli 2023 - 20:32 WIB
loading...
Erick Thohir Dorong Pelaku UMKM Milenial Go Global
Kementerian BUMN terus dorong pelaku UMKM milenial agar bisa menembus pasar global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong pelaku usaha muda dari Kota Medan untuk meningkatkan daya saing UMKM yang sudah go online agar lebih giat menginvasi pasar. Erick percaya dengan dukungan BUMN, para pengusaha milenial dapat mengembangkan usahanya ke pasar internasional.



Melalui Staf Khususnya, Arya Sinulingga, Erick membuka ruang diskusi dengan entrepreneur milenial Medan untuk membahas kolaborasi guna menciptakan ekosistem penjualan online yang berfungsi secara efisien dan efektif.

“BUMN akan support penuh UMKM yang sudah masuk penjualan secara online, tapi menghadapi kendala. Kita akan menciptakan mekanisme dan sistem untuk menaikkan penjualan mereka,” sebut Arya dikutip Senin (31/7/2023).

Arya yang didampingi oleh perwakilan BUMN dari BNI, BRI, PNM menyampaikan bahwa pelaku UMKM dapat berkolaborasi dengan BUMN lewat program-program yang sudah disediakan. Kementerian BUMN siap mendukung percepatan peningkatan kualitas UMKM agar mampu bersaing dengan produk unggulan di kelasnya.

"Kami sudah menginstruksi bank-bank Himbara untuk dukung dari segi pendanaan. Mulai dari KUR sampai ultramikro, semuanya difasilitasi. Dari segi pemasaran, kita sudah menempatkan rumah BUMN di rest-rest area, walaupun baru di Jawa. Nanti akan ekspansi ke Sumatra dan sekitarnya. Nanti juga di kantor-kantor BUMN akan ada vending machine yang menjual produk-produk UMKM, sehingga dari pemasaran mereka sudah terbantu."

Acara yang gagas oleh Bank Negara Indonesia (BNI) di Hotel Grand City Hall Medan ini, dihadiri oleh 59 pengusaha milenial pelaku UMKM mulai dari FnB, fashion, health beauty dan juga craft. Mereka merupakan UMKM binaan BUMN yaitu BNI, BRI, Telkom, PNM dan Mandiri.

"Kami berharap di Medan, semua hotel diisi oleh produk-produk UMKM. Mulai dari souvenir, snack, semuanya produk UMKM. Bahkan kita dorong UMKM ini ekpor ke luar. Kita punya BNI Expora yang uda diinstruksikan Pak Erick untuk membantu ekspor UMKM dan Diaspora Indonesia untuk buka bisnis di luar negeri," urai Arya.



Ke depannya diharapkan pengusaha UMKM milenial dapat terus memingkatkan kapasitas dan kualitasnya agar dapat menginvasi pasar hingga internasional.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)