Saat IHSG Hari Ini Kian Sulit Tembus Level 7.000, Catat Menu Sahamnya!

Rabu, 02 Agustus 2023 - 08:28 WIB
loading...
Saat IHSG Hari Ini Kian Sulit Tembus Level 7.000, Catat Menu Sahamnya!
IHSG hari ini sulit menembus level 7.000. Foto/FaisalRahman/MPI
A A A
JAKARTA - Indeks harga saham gabungan ( IHSG ) hari ini berpotensi bergerak mixed cenderung melemah pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 6.886-7.000.



Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto, mengatakan, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya, pelemahan IHSG kemarin menghasilkan patahnya tren menguat yang sudah terbentuk selama ini.

"Di saat bersamaan menjadi indikasi bahwa level 7.000 semakin sulit ditembus," tulis William dalam analisisnya, Rabu (2/8/2023).

Menurut William, pada perdagangan kemarin IHSG mengalami pelemahan yang cukup dalam, dengan nilai transaksi yang juga cukup besar. "Kondisi ini bisa dikatakan sebagai aksi profit taking, karena terjadi aksi jual di saat IHSG dan saham-saham penggeraknya sedang menguat di area resistance," kata dia.

Pelemahan yang terjadi pada IHSG juga menggagalkan support trend line sehingga diperkirakan pengujian level 7.000 menuju gagal.

Secara siklus, lanjut William, IHSG memang cenderung melemah di bulan Agustus – September. Jadi pelemahan ini bisa saja dimanfaatkan untuk menyiapkan saham-saham pilihan untuk dibeli.

"Namun di awal bulan ini, pelaku pasar mencermati data ekonomi Amerika dan rilis laporan keuangan yang sedang rilis," ujarnya.

Selain itu, window dressing masih mungkin karena IHSG kembali dalam tren sideways-nya dengan kegagalannya menguat menuju 7.000.

Untuk faktor teknikal, William memperhatikan indikator MACD menunjukkan pergerakan IHSG mulai mendekati masa jenuh beli, terkonfirmasi dengan melemahnya IHSG pada perdagangan kemarin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2605 seconds (0.1#10.140)