Sambut Operasional 2024, Kawasan Industri Terpadu Batang Beri Pelatihan ke Warga Sekitar

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:17 WIB
loading...
Sambut Operasional 2024, Kawasan Industri Terpadu Batang Beri Pelatihan ke Warga Sekitar
Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) bersiap menyambut persiapan operasional Tahun 2024 meningkatkan kualitas SDM lewat pelatihan untuk mengembangkan keterampilan yang bersertifikasi. Foto/Dok
A A A
BATANG - Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) atau Grand Batang City dalam menyambut persiapan operasional Tahun 2024 menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pelatihan menjahit bagi warga sekitar kawasan, Kamis (3/8).



KITB berkolaborasi dengan Anjungan Siap Kerja dan Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker RI dalam meningkatkan kualitas SDM dengan memberikan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan yang bersertifikasi.

Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk realisasi komitmen KITB untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar dan membantu meningkatkan keterampilan penduduk lokal serta bentuk dukungan kawasan terhadap tenant industri di dalamnya. KITB sebagai salah satu kawasan industri Proyek Strategi Nasional yang siap operasional pada awal tahun 2024 saat ini memiliki 13 tenant industri. 6 tenant diantaranya sedang dalam tahap kontruksi.



Salah satu tenant terbesar KITB adalah Yih Quan Footwear Indonesia yang bergerak dibidang industri sepatu asal Taiwan. Saat ini tenant tersebut sedang dalam masa konstruksi pembangunan pabrik dan diperkirakan akan beroperasi pada Q1 2024.

Dalam persiapan operasional tersebut Yih Quan Footwear Indonesia sedang dalam tahap persiapan penerimaan karyawan. Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Operator Garmen ini diharapkan menjadi jembatan anatara pengelola kawasan, tenant industri, dan pemerintah dalam menciptakan ekosistem kawasan industri berkelanjutan.

Program pelatihan ini dibuka oleh Staff khusus Kemnaker RI, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa. Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama KITB, Ngurah Wirawan dan Direktur Kelembagaan dan Humas KITB, M. Fakhrur Rozi.

Program pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 24 Juli sampai 24 Agustus 2023. Peseta berjumlah 96 orang dari perwakilan warga desa sekitar KITB yaitu Desa Kedawung, Desa Ketanggan, Desa Sawangan, Desa Plelen, dan karyawan kebun PTPN 9.

Pelatihan ini diajarkan oleh instruktur yang berpengalaman dan ahli dalam bidang menjahir dan produksi garmen. Materi pelatihan yang diajarkan yaitu mengenai dasar-dasar menjahit, pemahaman pola, mengoprasikan mesin jahit lockstitch, mesin obras/overlock, mesin lubang kancing (Button Hole), dan alat sosok/ironing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)