Undang Ratusan Investor, Jabar Jajakan 11 Proyek Senilai Rp70 Triliun

Senin, 07 Agustus 2023 - 14:48 WIB
loading...
Undang Ratusan Investor, Jabar Jajakan 11 Proyek Senilai Rp70 Triliun
KEK MNC Lido City masuk dalam 11 proyek yang ditawarkan di ajang WJIS 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jawa Barat akan menawarkan 11 proyek dengan nilai investasi lebih dari Rp70 triliun di ajang West Java Investment Summit (WJIS) 2023 pada 9-10 Agustus 2023. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat Nining Yuliastiani mengatakan, 11 proyek tersebut terletak di daerah Karawang, Jababeka, dan Rebana.



"Proyek-proyek yang ditawarkan pada WJIS nanti merupakan proyek hilirisasi yang berfokus pada berbagai sektor terkait dengan renewable energi," jelas Nining di Gedung Sate, Senin (7/8/2023).

Beberapa sektor tersebut di antaranya terkait dengan produksi batre, ban pesawat terbang dari bahan karet, farmasi, dan komponen mobil listrik. Selain itu, juga ada proyek PLN geothermal di kawasan Tangkuban Perahu.

Salah satu proyek menarik yang ditawarkan oleh WJIS adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, yang saat ini telah berjalan dengan baik. Beberapa proyek dalam KEK Lido sudah siap untuk ditawarkan kepada calon investor.

Selain sektor industri, WJIS juga menawarkan kesempatan investasi dalam bidang pendidikan. Terdapat politeknik yang sedang menunggu dukungan dari investor untuk membangun sekolah tersebut di kawasan Rebana.

"Investasi proyek ban pesawat terbang misalnya, kita adalah penghasil karet terbesar nomor dua di dunia. Ini yang akan kami garap, " jelas dia.

Nining juga mengungkapkan bahwa sebanyak 300-400 peserta dari dalam negeri dan luar negeri telah diundang untuk menghadiri acara ini. Undangan tersebut mencakup perwakilan dari berbagai kedutaan besar, termasuk dari China, Jepang, Korea Selatan, Singapura, serta sepuluh besar investor yang rutin berpartisipasi.

"Pelaku usaha di Jawa Barat juga diharapkan untuk ikut serta dalam acara tersebut," katanya.

Sementara itu, Deputi Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Bambang Pramono mengatakan, pada WJIS ada beberapa penandatanganan MoU dan penandatanganan kerja sama terkait proyek Jawa Barat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1371 seconds (0.1#10.140)