Cari Terobosan Atasi Ketimpangan, Jokowi Akan Bentuk Bank Wakaf

Rabu, 25 Januari 2017 - 16:48 WIB
Cari Terobosan Atasi Ketimpangan, Jokowi Akan Bentuk Bank Wakaf
Cari Terobosan Atasi Ketimpangan, Jokowi Akan Bentuk Bank Wakaf
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ada terobosan baru untuk mengatasi ketimpangan sosial dan mengurangi kesenjangan ‎serta mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok tanah air. Hal itu disampaikannya saat memimpin rapat terbatas terkait Rencana Pendirian Bank Wakaf‎ di Kantor Presiden.

Menurut Jokowi, salah satu yang harus dilakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial adalah memberikan perluasan akses modal bagi Usaha Kecil dan menengah. "Salah satu terobosan yang perlu kita pikirkan adalah pengembangan lembaga keuangan syariah yang dikelola berdasarkan sistem wakaf," kata Jokowi di Kantornya, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Terkait pengembangan keuangan berbasis bank Wakaf, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan perlunya redistribusi aset dan perluasan modal, penguatan keterampilan, serta perubahan kebudayaan dalam mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Wakaf itu baik berupa benda tidak bergerak maupun benda bergerak, termasuk uang.

Namun, selama ini, potensi itu belum digarap secara serius. Lembaga keuangan syariah menerima wakaf uang yang ditunjuk Kementerian Agama dinilai belum bekerja secara maksimal. Maka itu, Jokowi meminta kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) mencari formulasi untuk merealisasikan pembentukan Bank Wakaf tersebut. "(Karena) potensi wakaf di indonesia sangat besar, baik wakaf benda tidak bergerak maupun bergerak, termasuk sistem wakaf dalam bentuk uang," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0774 seconds (0.1#10.140)