Ini Alasan Pemerintah Fokus Bantu UMKM di Kuartal III/2020

Rabu, 29 Juli 2020 - 22:23 WIB
loading...
Ini Alasan Pemerintah Fokus Bantu UMKM di Kuartal III/2020
Pemerintah memiliki alasan tersendiri untuk memperkuat UMKM di kuartal III/2020. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Satgas Pemulihan Ekonomi memutuskan akan fokus pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kuartal III tahun ini untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Seperti diketahui ada dua program bagi UMKM yang menjadi prioritas nyaitu bantuan bagi UMKM dan kredit bunga rendah bagi UMKM.

"Memang kami pantau juga bahwa pengusaha di level UMKM tabungannya tidak sebanyak pengusaha yang besar. Pengusaha di UMKM ini walau kecil tapi jumlahnya sangat banyak sehingga secara agregat kontribusinya ke ekonomi juga besar. Pengusaha UMKM juga menyerap tenaga kerja yang sangat banyak sehingga itu yang menjadi prioritas kita," jelas Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang juga Wakil Menteri (Wamen) BUMN Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Rabu (29/7/2020).

(Baca Juga: Selain Hibah, UMKM Juga Bisa Dapat Kredit Rp2 Juta dari Pemerintah)

Budi pun membantah jika segmen pengusaha lain tidak diperhatikan. Menurutnya, pemerintah memperhatikan semua segmen pengusaha di Indonesia mulai dari kecil sampai besar. "Kami tetap perhatikan segmen lain di pengusaha Indonesia. Tapi fokus pemerintah, arahan presiden tetap agar kita fokus ke UMKM," tegasnya.

Pada kesempatan itu Budi mengaku bahwa Satgas diberikan pesan khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar bisa menjaga pertumbuhan ekonomi. Pasalnya kuartal ke III penting sekali untuk dijaga. “Agar pertumbuhan ekonominya diusahakan sebisa mungkin tidak negatif. Beliau juga memberikan pesan agar kita bisa menjaga lapangan kerja bagi rakyat Indonesia dan menjaga agar level income-nya bisa dipertahankan di level yang cukup untuk kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)