Menteri Rini Pamer BUMN Mampu Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja

Rabu, 08 Februari 2017 - 11:45 WIB
Menteri Rini Pamer BUMN Mampu Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja
Menteri Rini Pamer BUMN Mampu Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memamerkan kinerja perusahaan pelat merah di hadapan investor yang hadir pada Mandiri Investment Forum 2017. Menurutnya, BUMN sebagai agen pembangunan sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

Dia mengungkapkan, BUMN telah mampu menciptakan lapangan kerja lebih dari 1 juta. Bahkan, jika ditambah dengan anak usaha serta perusahaan afililasinya, maka lapangan pekerjaan yang dapat diciptakan BUMN bisa dua kali lipat.

"Kami ciptakan lapangan kerja lebih dari 1 juta. Jika ditambah anak usaha dan afiliasi bisa berlipat ganda dua kali," katanya dalam acara Mandiri Investment Forum 2017 di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, BUMN telah banyak berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Misalnya, membangun konektifitas pulau-pulau di Tanah Air melalui pembangunan jalan tol dan pelabuhan. "Di darat dan laut, hubungkan Sabang-Merauke. Untuk mencapai konektivitas kami buat 120 ribu jalan tol dan 25 seaport dan airport," imbuh dia.

Tak hanya itu, sambung mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini, perusahaan negara juga telah mengembangkan jaringan fiber optik sepanjang 106 kilometer (km) sejak 2015. Serta membangun pembangkit listrik berkekuatan 35.000 megawatt (MW) untuk mencapai tingkat elektrifikasi 100% di Indonesia.

"Menutup 2016, aset BUMN Rp6.325 juta, pendapatan naik Rp183 triliun dan net profit Rp135 juta. Kami undang investor dan mitra di bandara, seperti di Medan. Kami juga ajak anak usaha kami di asuransi dan properti untuk memberi utang sekuritas. BUMN juga terbuka kemitraan komitmen dengan GCG dan profesionalisme," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)