Apa Saja Fasilitas Kampus yang Bisa Dinikmati Mahasiswa ITB?

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 12:37 WIB
loading...
Apa Saja Fasilitas Kampus yang Bisa Dinikmati Mahasiswa ITB?
ITB menyediakan sejumlah fasilitas dengan layanan terbaik bagi mahasiswanya. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - Untuk menunjang perkuliahan, perguruan tinggi pun pastinya menyediakan fasilitas penunjang bagi mahasiswanya. Seperti halnya di ITB, mahasiswa baru bisa menikmati fasilitas yang tersedia.

Pada Rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB), Institut Teknologi Bandung (ITB) menghadirkan sesi pengenalan fasilitas kampus untuk Mahasiswa Baru Angkatan 2023 yang dihadiri Direktorat Sarana dan Prasarana (DitSP) ITB sebagai penanggungjawab fasilitas kampus.

Kepala Subdirektorat Pendayagunaan Sarana Prasarana dan Pelayanan Umum, Syaiful Khoirisin menyebutkan layanan DitSP terdiri dari layanan hunian (asrama dan rumah singgah), gedung/bangunan kampus, transportasi, publikasi, dan Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja & Lingkungan (K3L).

Baca juga: Biaya Kuliah di Politeknik Bandung 2023/2024, Segini Besaran UKT-nya

Sebagai hunian mahasiswa, saat ini ITB menyediakan empat asrama yaitu Asrama Sangkuriang, Asrama Kanayakan, dan Asrama Kidang Pananjung untuk mahasiswa Kampus ITB Ganesha, serta Asrama Jatinangor untuk mahasiswa Kampus ITB Jatinangor.

Asrama ITB tidak mampu menumpang seluruh mahasiswa ITB. Oleh karena itu, terdapat penerapan prioritas bagi mahasiswa yang ingin menghuni asrama yakni berdasarkan kondisi ekonomi.

Adapun untuk kegiatan akademik di kampus dapat berlangsung di ruangan/gedung masing-masing fakultas maupun ruang yang digunakan bersama seperti Gedung Kuliah Umum (GKU), TVST, oktagon, dan sebagainya.

Masing-masing ruangan tersebut dilengkapi dengan penunjang perkuliahan seperti meja, kursi, papan tulis, proyektor, dan lain-lain.

Baca juga: Sosok Annisa, Berhasil Raih Gelar Dokter di Unsoed dengan IPK Tertinggi

DitSP juga menyediakan layanan transportasi berupa shuttle bus yang titik keberangkatan dan tujuannya beroperasi di ITB Multikampus, mulai dari ITB Kampus Ganesha, Jatinangor serta Cirebon. Mahasiswa dapat memanfaatkan shuttle ini untuk melakukan mobilisasi antarkampus pada jam operasional yang telah ditentukan.

Sementara itu, mahasiswa diperbolehkan bersepeda di dalam kampus, asalkan tetap pada jalur yang sesuai dan diparkir pada tempat yang telah disediakan.

Selanjutnya, dijelaskan pula terkait prosedur keselamatan di lingkungan kampus ITB. Tuntutan akan pemenuhan standar K3L pada semua aspek menjadi perhatian utama.

Penting bagi mahasiswa untuk mengetahui lambang-lambang kedaruratan seperti pintu darurat, assembly point, rute evakuasi, dan alat pemadam api ringan (APAR). Selain itu, ITB juga membatasi kegiatan mahasiswa sampai pukul 23.00 WIB dan menetapkan alur perizinan untuk pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)