Cara Tarik Tunai QRIS di ATM, Fitur Baru yang Dirilis Bank Indonesia

Minggu, 20 Agustus 2023 - 18:00 WIB
loading...
Cara Tarik Tunai QRIS di ATM, Fitur Baru yang Dirilis Bank Indonesia
Cara tarik tunai QRIS di ATM, fitur baru yang dirilis Bank Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara tarik tunai QRIS akan dibahas dalam artikel ini. Mengingat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR yang dikembangkan untuk memudahkan transaksi pembayaran elektronik, tentunya fitur tarik tunai ini akan sangat membantu.

Tarik tunai QRIS ini menjadi fitur baru yang dihadirkan Bank Indonesia . Selain tarik tunai, beberapa fitur lain seperti transfer dan setor tunai juga dihadirkan, menurut laman resmi Bank Indonesia.

Dengan adanya fitur tarik tunai QRIS ini membuat pengguna dapat melakukan penarikan melalui mesin ATM atau melalui agen QRIS. Berikut ini langkah-langkah cara tarik tunai QRIS.

Cara Tarik Tunai QRIS

1. Pastikan memiliki aplikasi mobile banking atau dompet elektronik dari bank atau layanan keuangan yang mendukung transaksi QRIS.

2. Bukalah aplikasi mobile banking atau dompet elektronik, dan cari opsi atau menu yang terkait dengan tarik tunai melalui QRIS.

3. Pilih nominal tarik tunai yang diinginkan.

4. Aplikasi akan meminta pengguna untuk memindai kode QR yang disediakan oleh mesin ATM atau tempat tarik tunai lainnya.

5. Nantinya, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi transaksi.

6. Tunggulah sampai transaksi tarik tunai berhasil, dan tinggal mengambil uang tunai dari mesin ATM.

Salah satu kelebihan fitur ini adalah pengguna dapat menarik tunai di mesin ATM tanpa harus memiliki rekening bank tertentu. Contohnya, kamu dapat melakukan tarik tunai dari akun Uang Elektronik (UE) PJP non-bank.

Selain itu, biaya tarik tunai menggunakan layanan QRIS Tuntas ini diklaim lebih murah ketimbang biaya tarik tunai off-us saat ini di ATM. Karena biaya tarik tunai dengan menggunakan QRIS Tuntas ini hanya dipatok sebesar Rp 6.500 per transaksi, sedangkan biaya tarik tunai off-us saat ini di ATM yang sebesar Rp7.500 atau tarik tunai melalui agen yang dapat berkisar Rp10 ribu-Rp20 ribu.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6258 seconds (0.1#10.140)