Pertamax Bakal Gantikan Pertalite, Begini Respons Kementerian BUMN

Selasa, 29 Agustus 2023 - 17:18 WIB
loading...
Pertamax Bakal Gantikan Pertalite, Begini Respons Kementerian BUMN
Pertamax tengah dibahas untuk disubsidi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) belum mengetahui rumor bahwa bahan bakar minyak ( BBM ) jenis RON 92 atau Pertamax bakal disubsidi pemerintah, menggantikan Pertalite. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan kebijakan mengubah Pertamax sebagai BBM bersubsidi merupakan wewenang Kementerian ESDM.



Sementara, Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) hanya sebagai pelaksana saja.

"Kalau subsidi jangan tanya kita, subsidi sama ESDM. Itu kan kebijakan bukan kita, kebijakan tetap dari ESDM kan. Kalau kita kan pelaksana aja, mau yang mana aja bisa," ujar Arya saat ditemui di tempat kerjanya, Jakarta Pusat, Selasa (29/8/2023).

Arya sendiri tidak membantah kabar tersebut. Justru dia menyebut bila perubahan Pertamax menjadi bahan bakar bersubsidi dan dirumuskan dalam satu kebijakan, maka pihaknya akan mengikuti ketentuan tersebut.

"Kan bagi kita mana aja yang (ditentukan) pemerintah kita ikut aja, sebagai pelaksana, jadi bukan di kita ya kebijakannya," tuturnya.

Meski begitu, dia mengaku belum ada pembahasan anatar Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM ihwal rencana konversi RON 92 sebagai BBM bersubsidi.

"Belum, belum," ungkap Arya.



Kementerian ESDM sebelumnya mengakui sedang membahas wacana pemberian subsidi untuk Pertamax. Aksi tersebut bagian dari upaya pemerintah mendorong kendaraan menggunakam BBM beroktane tinggi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)