Indonesia Jadi Pengendali Inflasi Terbaik di Dunia, Bos BI Ungkap Ramuannya

Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:21 WIB
loading...
Indonesia Jadi Pengendali Inflasi Terbaik di Dunia, Bos BI Ungkap Ramuannya
Pengendalian inflasi di Indonesia dinilai sangat berhasil. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia ( BI ) Perry Warjiyo menyatakan, inflasi Indonesia termasuk yang terendah di dunia, sebagaimana diutarakan pula oleh Presiden Jokowi. Di level 3,08% pada Juli 2023, inflasi ini termasuk yang terendah di G20, mengalahkan negara-negara lain seperti Argentina, Turki, dan bahkan India, Uni Eropa, maupun Amerika Serikat (AS).



"Kenapa demikian? Karena sinergi dan koordinasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BI," ujar Perry, Kamis (31/8/2023).

Perry menambahkan, di negara lain, umumnya ketika terjadi inflasi maka untuk menekannya akan menaikan suku bunga bank sentral. Indonesia lebih dari itu untuk menjaga inflasi.

"Di Indonesia obatnya adalah sinergi yang sangat kuat, yaitu ada kebijakan suku bunga di BI, juga kebijakan stabilisasi nilai tukar, dan BI mengelola ekspektasi inflasi dari kebijakan moneter," ungkapnya.

Dari sisi pemerintah juga dilakukan kebijakan fiskal, termasuk subsidi dan hadiah kepada pemenang Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Di pemerintah, juga ada koordinasi TPIP dan TPID yang diketuai oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.



"Ini setiap Senin, Pak Menteri Dalam Negeri juga ngecek. Sehingga ini adalah ciri khas Indonesia, kenapa keberhasilan Indonesia mengendalikan inflasi terbaik di dunia karena koordinasi yang sangat erat antara kebijakan moneter BI, kebijakan fiskal pemerintah, dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang dikomandoi oleh Menko Airlangga," pungkas Perry.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)